Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Akulturasi Budaya Islam Terintegrasi Babad Banyumas Melalui Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kesadaran Moral Siswa SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen-Banyumas

KHOERIYAH, NGISMATUL (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Akulturasi Budaya Islam Terintegrasi Babad Banyumas Melalui Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kesadaran Moral Siswa SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen-Banyumas. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (372Kb)

    Abstract

    Ngismatul Khoeriyah. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Perkembangan Budaya Islam Terintegrasi Nilai-Nilai Babad Banyumas Melalui Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Kesadaran Moral SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen-Banyumas. Tesis. Pembimbing utama: Prof. Dr. Warto, M.Hum. KoPembimbing: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah perkembangan budaya Islam yang selama ini berlangsung di SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen-Banyumas; (2) mengembangkan desain pembelajaran sejarah perkembangan budaya Islam terintegrasi nilai-nilai babad Banyumas melalui Student Team Achievement Devision (STAD); (3) menguji efektifitas model pembelajaran sejarah perkembangan budaya Islam terintegrasi nilai-nilai Babad Banyumas melalui student team achievement devision untuk meningkatkan kesadaran moral siswa di SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen-Banyumas. Peneletian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan oleh Nana Syaodih Sukmadinata menjadi tiga langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan. Tahap yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, pengembangan model, dan uji coba model. Tahap studi pendahuluan dan pengembangan dilakukan dengan pendekatan kualitatif, sedangkan untuk tahap uji efektifitas dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Data dianalisis dengan bantuan SPSS tipe 19. Setelah itu dilakukan deseminasi dan implementasi Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (1) kondisi pembelajaran sejarah yang selama ini berlangsung di SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen-Banyumas perlu ditingkatkan kualitasnya dengan penggunaan model pembelajaran yang inovatif serta materi yang menarik sesuai pengalamannya dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal sebagai bentuk pemahaman kulturalnya; (2) hasil pengembangan model pembelajaran sejarah perkembangan budaya Islam terintegrasi nilai-nilai babad Banyumas di SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen-Banyumas layak diimplementasikan dan signifikan meningkatkan kesadaran moral siswa; (3) model pembelajaran sejarah perkembangan budaya Islam terintegrasi nilai-nilai babad Banyumas efektif meningkatkan kesadaran moral siswa SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen-Banyumas, dengan uji efektifikas model menunjukkan hasil t 0,000 dengan sig. 0,05 yang berarti model pembelajaran sejarah perkembangan budaya Islam terintegrasi nilai-nilai babad Banyumas melalui student team achievement devision efektif untuk meningkatkan kesadaran moral siswa. Kata Kunci: pembelajaran sejarah, babad Banyumas, student team achievement devision, kesadaran moral.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 18:53
    Last Modified: 15 Dec 2018 18:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42761

    Actions (login required)

    View Item