Pengaruh Kepribadian, Efikasi Diri dan Anticipatory Entrepreneurial Cognitions pada Niat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret)

AMANDA, MEISA (2018) Pengaruh Kepribadian, Efikasi Diri dan Anticipatory Entrepreneurial Cognitions pada Niat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (195Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana kepribadian proaktif dan efikasi diri kewirausahaan dari mahasiswa dapat mempengaruhi niat berwirausaha pada mahasiswa yang dimediasi oleh efikasi diri kreatif, efikasi diri pembelajaran dan anticipatory entrepreneurial cognitions. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret, diambil dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 610 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Model). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) kepribadian proaktif mahasiswa Universitas Sebelas Maret berhubungan positif dengan efikasi diri kewirausahaan yang dimediasi oleh efikasi diri kreatif dan efikasi diri pembelajaran; 2) sifat daya saing mahasiswa Universitas Sebelas Maret berhubungan positif dengan efikasi diri kewirausahaan yang dimediasi oleh efikasi diri kreatif dan efikasi diri pembelajaran; 3) efikasi diri kewirausahaan mahasiswa Universitas Sebelas Maret berhubungan positif dengan niat berwirausaha mahasiswa yang dimediasi oleh anticipatory entrepreneurial cognitions. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam hal subyek dan obyek penelitian, karena fokus penelitian hanya kepada mahasiswa yang masih aktif dalam kegiatan kuliah dan dilakukan di lingkungan Universitas Sebelas Maret. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan dalam penelitian ini. Kata kunci: Kepribadian proaktif, efikasi diri kewirausahaan, sifat daya saing, niat berwirausaha, efikasi diri kreatif, efikasi diri pembelajaran, anticipatory entrepreneurial cognitions.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 18:53
    Last Modified: 15 Dec 2018 18:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42758

    Actions (login required)

    View Item