KESESUAIAN PENERAPAN SOP PELAKSANAAN MAGANG KEPENDIDIKAN 3 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN (STUDY KASUS DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA)

RACHMAWATI, DAINITA (2018) KESESUAIAN PENERAPAN SOP PELAKSANAAN MAGANG KEPENDIDIKAN 3 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN (STUDY KASUS DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    Dainita Rachmawati. KESESUAIAN PENERAPAN SOP PELAKSANAAN MAGANG KEPENDIDIKAN 3 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan SOP pelaksanaan magang kependidikan 3 mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan di SMK Negeri 5 Surakarta, sehingga diketahui kendala yang ada, dan bisa ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakanadalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Penelitian fokus pada permasalahan mahasiswa dan guru pamong yang belum sepenuhnya memahami SOP pelaksanaan magang kependidikan III, mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di SMK Negeri 5 Surakarta. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah teknik snowball sampling, dimanapengumpulan data dilakukan melalui wawancara-mendalamdari satu narasumber ke narasumber lain yang memenuhi kriteria. Narasumber dalam penelitian ini antara lain adalah Ketua UP2KTM, Kepala sekolah, Ketua program studi PTB, Koordinator dosen pembimbing, Koordinator guru pamong, Dosen pembimbing, Guru pamong, Mahasiswa PTB, dan siswa SMK Negeri 5 Surakarta Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan SOP dalam pelaksanaan magang kependidikan 3 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di SMK Negeri 5 pada periode 2017 masih belum sepenuhnya sesuai, karena(a) Mahasiswa dan guru pamong belum memahami sepenuhnya SOP.(b) Pelaksanaan magang kependidikan 3 dinilai belum sepenuhnya sesuai SOP.(2) Adapun kendaladalam penerapan SOP,adalah(a) SOP pelaksanaan yang sudah ada dirasa belum siap dan (b) sosialisasi kurang intensif. (3)Solusi yang dapat dilakukan adalah (a) lebih mematangkan SOP dan (b) sosialisasi yang lebih intensif. Kata Kunci: SOP (panduan magang kependidikan 3), penerapan, kendala

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 18:04
    Last Modified: 15 Dec 2018 18:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42749

    Actions (login required)

    View Item