Evaluasi Implementasi Program Pemberdayaan Sosial Bagi Wanita Rawan Sosial Ekonomi di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun 2016

FITRIANA, ANNISA NUR (2018) Evaluasi Implementasi Program Pemberdayaan Sosial Bagi Wanita Rawan Sosial Ekonomi di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (274Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pelaksanaan program pemberdayaan sosial bagi wanita rawan sosial ekonomi di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten tahun 2016 menggunakan teori evaluasi implementasi dari Ripley & Franklin, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam implementasi menggunakan teori model implementasi dari Van Meter & Van Horn. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan bersumber dari informan, peristiwa dan tempat/lokasi, serta data dari dokumen/ arsip. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Penelitian ini menemukan bahwa dalam implementasi program kecenderungan pelaksana sudah patuh terhadap petunjuk teknis yang berlaku, terutama pada aspek waktu/jadwal pelaksanaan serta tahap dan proses pelaksanaan. Namun, masih terdapat ketidakpatuhan dalam aspek penentuan kelompok sasaran dan tahap verifikasi usulan KUBE tahun 2017. Faktor pendukung dalam implementasi program diantaranya adalah adanya ukuran dan tujuan kebijakan yang telah dipaparkan secara jelas, sumber daya anggaran yang berasal dari APBD Provinsi dan sumber daya personil pelaksana yang memadai, komunikasi dan koordinasi yang baik dengan sistem komunikasi berjenjang, serta adanya SOP berupa Petunjuk Teknis Kegiatan PKK-KRSE Tahun Anggaran 2016. Sementara itu, faktor penghambat dalam pelaksanaan program diantaranya adalah adanya campur tangan elit politik dalam menentukan lokasi dan kelompok sasaran, sumber daya manusia dari kelompok sasaran yang relatif rendah, serta ketidakpatuhan pelaksana terhadap petunjuk teknis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 17:49
    Last Modified: 15 Dec 2018 17:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42743

    Actions (login required)

    View Item