Pengaruh Metode Finger Painting Terhadap Kemampuan Keaksaraan Pada Anak Usia 5-6 Tahun BA Aisyiyah Kedungan Pedan Klaten Tahun Ajaran 2017/2018

Nurdianah, Annisa Isma (2018) Pengaruh Metode Finger Painting Terhadap Kemampuan Keaksaraan Pada Anak Usia 5-6 Tahun BA Aisyiyah Kedungan Pedan Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (76Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode finger painting terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Pretest dan Posttest Design. Sampel penelitian kelompok eksperimen sebanyak 15 anak usia 5-6 tahun dan kelompok kontrol 15 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi untuk mengetahui kemampuan keaksaraan anak. validitas instrumen menggunakan Cronbach’s Alpha if item Deleted. Uji Hipotesis menggunakan Uji Mann-Whitney U dengan bantuan SPSS 15 for windows Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Pretest dan Posttest Design. . Uji Analisis data penelitian menggunakan statistik non parametrik karena jumlah sampelnya kecil dan data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa hasil nilai rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan antara kelompok eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan, dengan taraf signifikansi < 0,05. Diketahui nilai Asymp. Sig. (2tailed) pada saat pretest 0,004 < 0,05 dan saat posttest 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode finger painting berpengaruh terhadap kemampuan keaksaraan. Hal ini dapat diamati dari menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama dan memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan pada saat posttest yaitu penerapan metode finger painting dapat berpengaruh terhadap kemampuan keaksaraan, hal ini dibuktikan bahwa kelompok eksperimen sebelum diberikan metode finger painting nilail mean rank sebesar 11,00 dengan sum of ranks 165,00 sehingga data menyatakan bahwa kelompok eksperimen perlu diberikan perlakuan. Setelah diberikan perlakuan metode finger painting nilai mean rank naik menjadi 22,87 dengan sum of ranks 343,00. Analisis penelitian menunjukkan bhawa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberlakukan kemampuan keaksaraan dengan menggunakan metode finger painting. Sebagaimana hasil penelitian ini yang telah dinyatakan dari analisis yang dilakukan dengan Uji Mann Whitney U didapatkan bahwa metode finger painting mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak TK. Kata Kunci : metode finger painting, kemampuan keaksaraan, anak usia 5-6 tahun ABSTRACT The goals of this research is to find out the finger painting method impact towards the literacy ability of children age 5-6 years old. This research using quantitative with a quasi experiment type of method. The research design using Nonequivalent control group pretest and post test design. The research group sample experiment for 15 children age 5-6 years old in BA aisyiyah kedungan pedan klaten. This research using quantitative quasi experiment with nonequivalent control group pretest design and posttest design. Validity instrument test using cronbach’s alpha if item deleted. Data collection technique using test and documentation to find out children literacy ability. Hypothesis test uding Mann-whitney u test with the help of spss 15 for windows. Research data analysis using statistic non parametric because the number of sample is slight and data distribution is norma. Based on the results of hypothesis testing it can be seen that the results of the average value before and after treatment between the experimental groups there are significant differences, with a significance level of <0.05. Asymp value is known. Sig. (2tailed) at pretest 0.004 <0.05 and at posttest 0.000 <0.05. The results showed that the method of finger painting has an effect on literacy ability. This can be observed from mentioning known letter symbols, recognizing the initial letter sound from the names of objects around it, mentioning groups of images that have the same initial sound or letter and understanding the relationship between sound and letter shape. Based on the results of research conducted at the time of posttest, the application of finger painting method can affect literacy ability, this is proven by the experimental group before being given the finger painting method, the mean rank is 11.00 with the sum of ranks 165.00 so the data states that the group experiments need to be treated. After being given the finger painting method treatment the mean rank value rose to 22.87 with the sum of ranks 343.00. Analysis of the research shows that there are differences before and after the literacy ability is applied using the method of finger painting. As the results of this study have been stated from the analysis conducted by the Mann Whitney U Test, it was found that the method of finger painting has an influence in improving the literacy skills of kindergarten children. Keywords: finger painting method, literacy ability, children age 5-6 years

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 17:49
    Last Modified: 15 Dec 2018 17:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42741

    Actions (login required)

    View Item