ANALISIS RELEVANSI LULUSAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DENGAN DUNIA KERJA (Studi Kasus Pada Lulusan Kompetensi Keahlian AdministrasiPerkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Lulusan 2014 - 2016)

SANTOSO, ACHMAD BUDI (2018) ANALISIS RELEVANSI LULUSAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DENGAN DUNIA KERJA (Studi Kasus Pada Lulusan Kompetensi Keahlian AdministrasiPerkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Lulusan 2014 - 2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    BSTRAK Achmad Budi Santoso. K7411003.ANALISIS RELEVANSI LULUSAN KOMPETENSI KEAHLIANADMINISTRASI PERKANTORAN DENGAN DUNIA KERJA(Studi Kasus Pada Lulusan Kompetensi Keahlian AdministrasiPerkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Lulusan 2014-2016).Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana relevansi lulusan kompetensi keahlian administrasi perkantoran dengan dunia kerja. (2) Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi relevansi lulusan kompetensi keahlian administrasi perkantoran dengan dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif jenis studi kasus.Sumber data terdiri dari informan, dokumen dan arsip.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket, wawancara dan analisis dokumen.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling.Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah(1) daya serap lulusan terhadap pasar kerja tergolong tinggi, yakni sebanyak 90,9% telah terserap pasar kerja. (2) lulusan yang memiliki pekerjaan yang dinilai relevan dengan kompetensinya tergolong sangat rendah yakni sebanyak 32,6%. (3) Masa tunggu lulusan dalam memperoleh pekerjaan dinilai relatif singkat, rata-rata lulusan memperoleh pekerjaan pertamanya dalam jangka waktu 3,77 bulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa lulusan belum memiliki relevansi dengan dunia kerja.Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan para lulusan Administrasi Perkantoran tidak relevan dengan dunia kerja, antara lain: (1) Tidak semua lulusan menginginkan pekerjaan pada sektor administrasi perkantoran. (2) Kesesuaian bidang ilmu bukan menjadi pertimbangan utama lulusan dalam mencari pekerjaan. (3) Kurang maksimalnya usaha lulusan untuk bekerja pada sektor administrasi perkantoran. (4) Sempitnya lapangan kerja sektor administrasi perkantoran untuk lulusan SMK. (5) Persaingan kerja yang berat bagi lulusan SMK untuk bekerja pada sektor administrasi perkantoran. (6) Belum optimalnya Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK dalam pengelolaan lulusan. Kata kunci: relevansi, administrasi perkantoran, dunia kerja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 17:36
    Last Modified: 15 Dec 2018 17:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42735

    Actions (login required)

    View Item