PENGARUH SUHU DAN LAMA EKSTRAKSI DENGAN PELARUT ETANOL TERHADAP AKTIVITAS ANTIMIKROBA OLEORESIN AMPAS DESTILASI JAHE EMPRIT (Zingiber offcinale var. Amarum)

KURNIAWATI, RUFIK DWI (2018) PENGARUH SUHU DAN LAMA EKSTRAKSI DENGAN PELARUT ETANOL TERHADAP AKTIVITAS ANTIMIKROBA OLEORESIN AMPAS DESTILASI JAHE EMPRIT (Zingiber offcinale var. Amarum). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Jahe merupakan salah satu rempah, yang dimanfaatkan sebagai bumbu, campuran makanan/minuman, obat-obatan, dan kosmetik. Salah satu upaya mempertahankan serta meningkatkan nilai jual jahe yaitu mengubahnya dalam bentuk minyak atisiri. Proses destilasi menghasilkan minyak atsiri jahe dan ampas destilasi jahe. Ampas destilasi jahe emprit tersebut masih mengandung senyawa oleoresin yang bisa diambil dan dimanfaatkan. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor yaitu pendiaman 12 jam dan tanpa pendiaman. Penelitian Utama menggunakan dua faktor yaitu suhu (30oC, 40oC, 50oC) dan waktu (1,5 jam; 3 jam; 4,5 jam) dengan analisa secara statistik SPSS dengan metode two way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pendiaman tidak berpengaruh terhadap aktivitas antimikroba oleoresin ampas destilasi jahe emprit melawan Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Pseudomonas fluorescens, Aspergillus niger dan Lactobacillus plantarum. Faktor suhu berpengaruh terhadap aktivitas antimikroba ampas destilasi jahe emprit melawan Staphylococcus aureus dan Pseudomonas fluorescens. Faktor lama ekstraksi berpengaruh terhadap aktivitas antimikroba ampas destilasi jahe emprit melawan Staphylococcus aureus dan Aspergillus niger. Ada interaksi antara suhu dan lama ekstraksi terhadap aktivitas antimikroba ampas destilasi jahe emprit melawan Staphylococcus aureus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 00:25
    Last Modified: 15 Dec 2018 00:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42731

    Actions (login required)

    View Item