pengaruh metode pembelajaran survey, question, read, recite, and review (SQ3R) dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita anak (penelitian eksperimen pada siswa kelas V SD Se-kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2017/2018)

HUSNA, MIFTAKHUL (2018) pengaruh metode pembelajaran survey, question, read, recite, and review (SQ3R) dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita anak (penelitian eksperimen pada siswa kelas V SD Se-kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (118Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Miftakhul Husna, K7114109 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2017/2018), Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan kemampuan membaca pemahaman cerita anak antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran survey, question, read, recite, and review (SQ3R) dan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); 2) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman cerita anak antara siswa yang memiliki minat baca tinggi dan siswa yang memiliki minat baca rendah; 3) interaksi antara metode pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan rancangan penelitian randomixed control group pretest-postest menggunakan factorial 2 x 2 . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se-Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Setono yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Bratan 2 yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas control yang diambil dengan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Variansi Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran survey, question, read, recite, and review (SQ3R) dan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC), yang ditunjukan dengan taraf signifikasi (α) 0,00 < 0,05; (2) ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang memiliki minat baca tinggi dan minat baca rendah, yang ditunjukan dengan taraf signifikasi (α) 0,00<0,05; (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita anak, yang ditunjukkan dengan taraf signifikasi (α) 0,003<0,05. Kata kunci: Survey, question, read, recite, and review (SQ3R), Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), minat baca, kemampuan membaca pemahaman cerita anak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 00:04
    Last Modified: 15 Dec 2018 00:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42721

    Actions (login required)

    View Item