ANALISIS EKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM NOVEL RANGSANG TUBAN KARYA PADMASUSASTRA DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Fitriani, Lilis (2018) ANALISIS EKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM NOVEL RANGSANG TUBAN KARYA PADMASUSASTRA DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lilis Fitriani. K4214025. ANALISIS EKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM NOVEL RANGSANG TUBAN KARYA PADMASUSASTRA DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AJAR BAHASA JAWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Agustus 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang: (1) unsur pembangun novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra; (2) aspek ekologi sastra dalam novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra yang memuat wujud dan unsur-unsur alam atau lingkungan; (3) nilai-nilai pendidikan budi pekerti dalam novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra; (4) relevansi novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekologi sastra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan akan berwujud kata-kata dalam kalimat yang mempunyai arti lebih dari sekedar angka atau jumlah yang bertujuan untuk mendeskripsikan, menggambarkan menganalisis apa yang menjadi masalah, dan menafsirkan data yang ada. Teknik pengambilan subjek penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik ini dilakukan dengan pengambilan data baik dengan wawancara kepada ahli sastra, guru, siswa, dan juga mengambil dokumen tentang novel karya Padmasusastra yang dapat mendukung data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara membaca berulang-ulang novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra dan diimbangi dengan membaca artikel yang berkaitan dengan kajian ekologi sastra, serta buku-buku lain yang menunjang penelitian ini. Teknik validasi data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis interaktif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur pembangun novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra mengandung unsur tema perempuan dalam lingkungan budaya istana, alur maju, tokoh dan penokohan, latar atau setting, dan amanat; (2) aspek ekologi sastra dalam novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra kekhasannya terletak pada latar; (3) nilai-nilai pendidikan budi pekerti dalam novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra berupa nilai moral seperti nilai religius, dan sosial; (4) terdapat relevansi novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra sebagai materi ajar bahasa Jawa di SMA sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013 yaitu tentang memahami isi petikan teks novel berbahasa Jawa. Kata kunci: unsur pembangun novel, aspek ekologi, nilai pendidikan budi pekerti, materi ajar bahasa Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 00:03
    Last Modified: 15 Dec 2018 00:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42717

    Actions (login required)

    View Item