KEEFEKTIFAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI ANTAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMA N 7 SURAKARTA

BUDIARTI, ISNAENI (2018) KEEFEKTIFAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI ANTAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMA N 7 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Isnaeni Budiarti. KEEFEKTIFAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI ANTAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMA N 7 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan toleransi antar peserta peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimental Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian diambil dari peserta didik yang memiliki toleransi antar peserta didik rendah. Subjek penelitian berjumlah 28 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen terdiri dari 14 peserta didik dan kelompok kontrol terdiri dari 14 peserta didik. Treatment yang digunakan adalah teknik sosiodrama. Sosiodrama merupakan permainan peran yang ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam interaksi peserta didik di sekolah. Treatment dilaksanakan selama lima kali pertemuan. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik nonparametrik uji Mann-Whitney untuk mengetahui peningkatan toleransi antar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Surakarta. Hasil analisis uji Mann-Whitney memiliki skor 0,000 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan 0,000 < 0,05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara data post-test kelompok eksperimen dengan data post-test kelompok kontrol. Perbedaan tersebut menunjukkan adanya peningkatan skor post-test subjek penelitian setelah diberi treatment. Hasil tersebut dapat dimaknai bahwa treatment teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan toleransi antar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Surakarta Kata Kunci: Sosiodrama, Toleransi antar Peserta Didik. ABSTRACT Isnaeni Budiarti. THE EFFECTIVENESS OF SOCIODRAMA TECHNIQUE IN IMPROVING TOLERANCE OF ELEVENTH GRADERS OF SOCIAL SCIENCE PROGRAM IN SMAN 7 SURAKARTA. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education University Sebelas Maret Surakarta. July. 2018. This study aimed to asses the effectiveness of sociodrama technique to increase tolerance among eleventh graders of Social Program in SMA Negeri 7 Surakarta. This was an experimental study with Quasi-eksperimental Non Equivalent Control Group Design. The subjects were taken from low-learners who have tolerance among them. The subjects were 28 students divided into 2 groups, namely the experimental group and the control group. The experimental group consisted of 14 students and the control group consisted of 14 students. The treatment used was the sociodrama technique. Sociodrama was role play devoted to solve social problems that arose from the interaction among learners in school. The treatment was held for five meetings. The data analysis used was statistical analysis nonparametrik Mann-Whitney test. It was conducted to know the increase of tolerance among eleventh graders of Social Program in SMA Negeri 7 Surakarta. The analysis result of Mann-Whitney test had a score of 0,000 with a significance of 0.000. The results showed 0.000 <0.05 which meants there was a significant differences of post-test data between experiment and control group. These differences indicate an increase in post-test scores after the treatment. These results could be interpreted that the treatment of sociodrama was an effective technique to increase tolerance among eleventh graders of Social Program in SMA Negeri 7 Surakarta Keywords: Sociodrama, Tolerance among Learners.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 23:40
    Last Modified: 14 Dec 2018 23:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42711

    Actions (login required)

    View Item