Pengembangan Media E-Learning dengan Program Adobe Flash dalam Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Langkah-Langkah Penelitian Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Sambungmacan Tahun 2017/2018

SAPUTRO, HIKARI DWI (2018) Pengembangan Media E-Learning dengan Program Adobe Flash dalam Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Langkah-Langkah Penelitian Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Sambungmacan Tahun 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (13Mb)

    Abstract

    Abstrak Hikari Dwi Saputro, K5414026. PENGEMBANGAN MEDIA E-LARNING DENGAN PROGRAM ADOBE FLASH DALAM MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN TAHUN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kebutuhan peserta didik dan guru terhadap pengembangan media e-learning dengan program Adobe Flash, 2) Mengembangkan media e-learning dengan program Adobe Flash, 3) Mengetahui kelayakan media e-learning dengan program Adobe Flash, 4) Mengetahui efektivitas media e-learning dengan program Adobe Flash dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan berupa metode research and development (R&D) yang dikembangkan oleh Dick and Carey. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi, pendidik, angket uji coba peserta didik, observasi, posttest, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Analisis kebutuhan berdasarkan hasil yang dominan meliputi karakteristik belajar visual, pengalaman penggunaan media dengan kategori sering, respon setuju dengan adanya pengembangan media, visualisasi warna hijau, serta jenis huruf Comic Sans MS. 2) Pengembangan produk penelitian berupa media e-learning dengan program Adobe Flash yang dilengkapi gambar, peta, video, dan animasi digunakan sebagai penunjang model pembelajaran kontekstual. 3) Pengembangan media e-learning dengan program Adobe Flash dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran di sekolah berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media, ahli materi, pendidik, dan uji coba peserta didik yang memperoleh modus 4 (kategori baik dalam skala Likert) dan 5 (kategori sangat baik dalam skala Likert) sehingga telah memenuhi syarat minimal kelayakan media e-learning dengan program Adobe Flash dengan modus 3 (kategori cukup dalam skala Likert) sebagaimana telah ditentukan peneliti. 4) Penerapan media e-learning dengan program Adobe Flash terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui uji perbedaan dua rata-rata (t-test:Two Sample Assuming Equal Variances) memperoleh hasil sebesar, thitung = 2,85137 dan ttabel= 1,68488. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata tersebut, maka dengan taraf signifikansi 0,05 keputusan uji adalah H0 ditolak karena thitung > ttabel. Artinya penggunaan media e-learning dengan program Adobe Flash dalam model pembelajaran kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan media PowerPoint interaktif dalam model pembelajaran kontekstual. Kata kunci: Pengembangan Media, E-Learning, Adobe Flash

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 23:40
    Last Modified: 14 Dec 2018 23:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42710

    Actions (login required)

    View Item