Penggunaan Modul Fisika Berbasis Scientific Approach Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Keaktifan Berdiskusi dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X SMA N 2 Sukoharjo

ALVIAN, HERDIANA (2018) Penggunaan Modul Fisika Berbasis Scientific Approach Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Keaktifan Berdiskusi dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X SMA N 2 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Herdiana Alvian. K2311033. PENGGUNAAN MODUL FISIKA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERDISKUSI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X SMA N 2 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk :1) meningkatkan keaktifan berdiskusi siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo melalui penggunaan modul Fisika berbasis scientific approach materi alat optik, 2) meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksnakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 38 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, tes tertulis, observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) penggunaan modul Fisika berbasis scientific approach materi alat optik dapat meningkatkan keaktifan berdiskusi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian keaktifan berdiskusi siswa prasiklus sebesar 51,5 %, siklus I sebesar 59 %, dan pada siklus II sebesar 76,5 %. 2) penggunaan modul Fisika berbasis scientific approach materi alat optik dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian keaktifan berdiskusi siswa prasiklus sebesar 47 %, siklus I sebesar 58 %, dan pada siklus II sebesar 79 %. Kata kunci: Penelitian Tindkan Kelas, scientific approach, keaktifan berdiskusi, kemampuan kognitif Herdiana Alvian. K2311033. THE IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACH BASED PHYSICS MODULE IN OPTICAL DEVICES TO IMPROVE LIVELINESS OF DISCUSSION AND COGNITIVE ABILITY OF X MIA 2 STUDENTS OF SMA N 2 SUKOHARJO. Minor Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, July 2018. The research was purposed to :1) improve student’s activities of discussion of X MIA 2 SMA N 2 Sukoharjo by using scientific approach based physics module in optica; devices subjects and 2) improve student”s cognitive ability of X MIA 2 SMA N 2 Sukoharjo by using scientific approach based physics module in optica; devices subjects and This research was a Classroom Action Research (CAR). It has held in two cycles with Kemmis & Mc. Taggart, and collaborative model. Each cycle was begun with preparation stage then continued to implementation phase that consists of planning, action, observation, and reflection. The research subject was X MIA 2 student of SMA Negeri 2 Sukoharjo on Academic Year 2014/2015 that consists of 38 students. The data was collected through document review, test, observation, quesionaire, and interview to the teacher and students. The techniques of data analysis used descriptive qualitative analysis. Based on the research result, it could be concluded that : 1) the implementation of scientific approach based module in optical devices subject can improve liveliness of discussion of X MIA 2 of SMA N 2 Sukoharjo. It could be seen from from achievement percentage of student’s liveliness of discussion that reaches out 51,5 % in pra cycle, 59 % in the first cycle and 76,5 % in second cycle 2) the implementation of scientific approach based module in optical devices subject can improve cognitive ability of X MIA 2 of SMA N 2 Sukoharjo. It could be seen from from achievement percentage of student’s cognitive aspect that reaches out 47 % in pra cycle, 58 % in the first cycle and 79 % in second cycle. Keyword : Classroom Action Research, scientific approach, activities of discussion, cognitive ability

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 23:40
    Last Modified: 14 Dec 2018 23:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42709

    Actions (login required)

    View Item