UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL SERTA GETAH TUNAS BAMBU BETUNG (Dendrocalamus asper) TERHADAP BAKTERI Klebsiella pneumoniae DAN Pseudomonas aeruginosa

M, FARIKATUL SUFI (2018) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL SERTA GETAH TUNAS BAMBU BETUNG (Dendrocalamus asper) TERHADAP BAKTERI Klebsiella pneumoniae DAN Pseudomonas aeruginosa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    Bakteri Klebsiella pneumoniae merupakan penyebab pneumonia, sedangkan Pseudomonas aeruginosa merupakan bakteri penyebab nanah pada luka. Secara empiris, air rebusan rebung digunakan untuk mengatasi batuk darah (pneumonia) dan sebagai pembersih luka. Telah diketahui bahwa bambu memiliki aktivitas antibakteri karena mengandung saponin, alkaloid, dan flavonoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa ekstrak etanol serta getah tunas bambu betung (Dendrocalamus asper) mengandung senyawa aktif metabolit sekunder yang diduga memiliki aktivitas antibakteri terhadap Klebsiella pneumoniae dan Pseudomonas aeruginosa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental. Ekstrak diambil dengan metode maserasi menggunakan etanol 96% dan getah diambil dari perasan air rebung. Uji KLT dan uji tabung digunakan sebagai uji kualitatif. Uji aktivitas antibakteri menggunakan metode disc diffusion untuk mengukur besaran daya hambat pada berbagai perbandingan konsentrasi larutan b/v (10%;20%;30%;40%;50%;60%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol serta getah tunas bambu betung mengandung saponin, quersetin, dan quinin yang diduga memiliki aktivitas antibakteri terhadap Klebsiella pneumoniae dan Pseudomonas aeruginosa. Diameter zona hambat terbesar terdapat pada ekstrak etanol 60% dengan kategori daya hambat sedang yaitu sebesar 9.05±0.12 mm terhadap Kliebsiella pneumoniae dan 5.07±0.13 mm terhadap Pseudomonas aeruginosa. Sedangkan getah dengan konsentrasi 60% mampu menghambat dengan kategori daya hambat lemah yaitu sebesar 5.65±0.05 mm pada Kliebsiella pneumoniae dan sebesar 4.81±0.22 mm pada Pseudomonas aeruginosa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 23:40
    Last Modified: 14 Dec 2018 23:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42706

    Actions (login required)

    View Item