TINJAUAN TENTANG ALASAN PENGAJUAN PRAPERADILAN DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUS TENTANG TIDAK SAHNYA PENETAPAN STATUS TERSANGKA (STUDI PUTUSAN NOMOR: 19/PRA.PER/2016/PN.SBY)

Ramadhani, Faishal Zahy (2018) TINJAUAN TENTANG ALASAN PENGAJUAN PRAPERADILAN DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUS TENTANG TIDAK SAHNYA PENETAPAN STATUS TERSANGKA (STUDI PUTUSAN NOMOR: 19/PRA.PER/2016/PN.SBY). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    Faishal Zahy Ramadhani, E0014143, TINJAUAN TENTANG ALASAN PENGAJUAN PRAPERADILAN DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUS TENTANG TIDAK SAHNYA PENETAPAN STATUS TERSANGKA (STUDI PUTUSAN NOMOR: 19/PRA.PER/2016/PN.SBY) Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara alasan pengajuan permohonan Praperadilan tentang tidak sahnya penetapan status tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur berdasarkan Putusan Nomor: No.19/Pra.Per/2016/PN.Sby dengan ketentuan KUHAP. Adapun kajian selanjutnya adalah mengenai kesesuaian antara pertimbangan hakim Praperadilan tentang Putusan Nomor: No.19/Pra.Per/2016/PN.Sby dengan KUHAP. Jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun penelitian hukum ini adalah penelitian hukum doktrinal atau normatif. Dalam penelitian ini, penulis hendak mencari kesesuaian antara objek yang akan diteliti dengan ketentuan aturan atau prinsip yang hendak dijadikan sebagai referensi. Sifat penelitian hukum ini adalah preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kasus (case study) yaitu penyusunan penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan telaah terhadap suatu kasus yang berkaitan dengan isu yang dihadapi yang telah menjadi putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap. Jenis bahan hukum yang digunakan ialah dari bahan pustaka yang telah ada, terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, kemudian untuk teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah dengan cara studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alasan pengajuan permohonan Praperadilan tentang tidak sahnya penetapan status tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur berdasarkan Putusan Nomor: No.19/Pra.Per/2016/PN.Sby telah sesuai dengan ketentuan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan mengenai kesesuaian pertimbangan hakim Praperadilan tentang Putusan Nomor: No.19/Pra.Per/2016/PN.Sby belum sesuai dengan KUHAP dan ketentuan-ketentuan lain yang berkaitan dengan Praperadilan. Kata Kunci: Tersangka, Pertimbangan hakim, Putusan Praperadilan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 23:24
    Last Modified: 14 Dec 2018 23:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42703

    Actions (login required)

    View Item