EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PYTHAGORAS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018.

FATMAWATI, DESI (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PYTHAGORAS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuimanakah yang mempunyai hasil prestasi belajar matematika yang lebih baik, (1)model kooperatif tipe TAIatau model langsung; (2) siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah; (3)siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah, pada masing-masing model pembelajaran; (4) model kooperatif tipe TAIatau model langsung, pada masing-masing kategori kecerdasan emosional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) model kooperatif tipe TAImenghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada modellangsung; (2)siswa dengan kecerdasan emosional tinggimempunyai prestasi yang sama dengan siswa dengan kecerdasan emosional sedang, sedangkan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang mempunyai prestasi yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional rendah; (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasiyang samadengan siswa dengan kecerdasan emosional sedang, sedangkan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa dengan kecerdasan emosional rendah; (4) pada masing-masing tingkat kecerdasan emosional, siswa yang dikenai model kooperatif tipe TAImemperoleh prestasi yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model langsung. Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Kecerdasan Emosional, Pythagoras.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 23:24
    Last Modified: 14 Dec 2018 23:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42700

    Actions (login required)

    View Item