PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR JARING-JARING BANGUN RUANG DENGAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) PADA KELAS V SD (PTK Kelas V SD Kliwonan 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)

HARYANTI, LINA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR JARING-JARING BANGUN RUANG DENGAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) PADA KELAS V SD (PTK Kelas V SD Kliwonan 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1899Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lina Haryanti. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR JARING- JARING BANGUN RUANG DENGAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) PADA KELAS V SD (PTK Kelas V SD Kliwonan 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk meningkatkan kemampuan belajar menggambar jaring-jaring bangun ruang matematika pada kelas V SD Kliwonan 2 kabupaten Sragen dengan menggunakan metode penemuan (discovery). (2) Mendeskripsikan penerapan metode penemuan (Discovery) untuk meningkatkan kemampuan menggambar jaring-jaring bangun ruang pada kelas V SD Kliwonan 2 kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain : pengumpulan data / reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan : Penerapan metode penemuan (discovery) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar jaring-jaring bangun ruang kelas V SD Negeri Kliwonan 2 kabupaten Sragen. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 56,35 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 50%, siklus I nilai rata-rata kelas 68,27 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 65,38% dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,58 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 88,46%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan (discovery) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar jaring- jaring bangun pada kelas V SD Negeri Kliwonan 2 kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. ABSTRACT Lina Haryanti. IMPROVING STUDENTS DRAWING SPACE STRUCTURE SKILLS USING DISCOVERY METHOD IN THE FIFTH CLASS ( A Classroom Research at the fifth grade student in SD Kliwonan 2 Sragen In 2010/2011 Academic Year). Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University 2011. The purpose of the research is: (1) to improve the student’s learning in drawing space structure skills at the fifth class in SD Negeri Kliwonan 2 Sragen using discovery method. (2) to describe discovery method to improve the student’s learning drawing space structure at fifth grade SD Negeri Kliwonan 2 Sragen. This research is classroom action research and the procedure of the recearch consists of planning, action, observation and reflection. That four steps be a cycle. This research was conducted in two cycles and use documentation and the result of the study to technique of collecting data. The technique of data analisys the researcher used interactive analisys model, that is the relation of three component : collecting the data/data reduction, presenting the data and conclusion/verifikasi. The result of this research, discovery method can improve students drawing space structure at fifth grade SD Negeri Kliwonan 2 Sragen. It is proven on the condition before the action where the averaged grade was 56,35 with the percentage of classical completeness is 50%, cycle I indicated the averaged grade of class is 68,27 with the classical completeness percentage of 65,38% and cycle II it increased become 80,58 with clasisal completeness percentage of 88,46%. Therefore, a recommendation can be addressed that mathematic learning by using discovery method can improve the students drawing space structure at fifth grade students SD Negeri Kliwonan 2 Sragen 2010/2011 academic year.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 15 Jul 2013 06:24
    Last Modified: 15 Jul 2013 06:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4270

    Actions (login required)

    View Item