Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Investigasi Kelompok pada Siswa Kelas XI AP1 SMK Negeri 1 Surakarta

ARVA, BELINDA TRI ARI (2018) Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Investigasi Kelompok pada Siswa Kelas XI AP1 SMK Negeri 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Belinda Tri Ari Arva.PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI AP 1 SMK NEGERI 1 SURAKARTA.Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI AP 1 SMK N 1 Surakarta dengan menerapkan metode investigasi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitianadalah siswa kelas XI AP 1 SMK N 1 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data, triangulasi metode, dan riview informan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode investigasi kelompokdapat meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI AP 1 SMK N 1 Surakarta dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Pembelajaran pada pratindakan bersifat teacher-centered(pembelajaran yang berpusat pada guru) sehingga motivasi siswa dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI AP 1 SMK N 1 Surakarta rendah.Peningkatan terjadi pada siklus I. Motivasi siswa dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa meningkat walaupun belum optimal masih ada beberapa kekurangan baik dari faktor guru maupun siswa dan perlu diperbaiki dengan dilaksanakannya siklus II. Pelaksanaan siklus II menyebabkan kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I dapat teratasi faktor dari guru maupun faktor dari siswa sudah dapat teratasi. Berdasarkan hasil dari siklus II yang sudah mencapai batas ketercapaian maka penelitian berhenti pada siklus II dengan hasil bahwa metode investigasi kelompok meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI AP 1 SMK Negeri 1 Surakarta. Simpulan penelitian ini yaitu: (1) penerapan metode investigasi kelompok meningkatkan motivasi pada siswa kelas XI AP 1SMK Negeri 1 Surakarta, (2) penerapan metode investigasi kelompok meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI AP 1SMK Negeri1 Surakarta Dengan langkah-langkah konkret yang dilakukan yaitu: (1) siswa berkelompok secara hiterogen tiap kelompok 5 orang, (2) tiap kelompok mendapat tugas untuk membuat kerangka teks eksplanasi, (3) tiap kelompok mencari informasi mengenai tema teks eksplanasi yang sudah dipilih, (4) tiaap kelompok menyusun kerangka teks eksplanasi berdasarkan informasi yang sudah di dapatkan, (5) tiap kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi kerangka teks eksplaansi, (6) kelompok lain memberikan saran terhadap kerangka teks eksplanasi yang dipresentasikan, (7) kerangka teks eksplanasi yang sudah dipresentasikan dikembangkan menjadi suatu teks eksplanasi secara utuh oleh tiap anggota kelompok, (8) karangan teks eksplanasi yang utuh menjadi suatu karya individu dari tiap siswa dan diberi penialain oleh guru. Kata kunci:motivasi, kemampuan menulis teks eksplanasi, metode investigasi kelompok. ABSTRACT Belinda Tri Ari Arva . IMPROVEMENT OF MOTIVATION AND ABILITY WRITE EXPLANATORY TEXT WITH METHODS GROUP INVESTIGATION ON STUDENTS XI AP1 SMK NEGERI 1 SURAKARTA. Thesis, Faculty Teacher training and Science Education Sebelas Maret University Surakarta. December 2017 . The purpose of this study isto increase motivation and ability write text explanation on student class XI A P 1 SMK N 1 Surakarta with apply method group investigation . Research this is research action class (PTK).The study was carried out in two cycles, each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Research subject is a class XI A P 1 student of SMK N 1 Surakarta , amounting to 3 1 student. Data sources come from teachers and students. Data collection techniques are by observation, interviews , and documentation .Data validity uses data triangulation techniques , method triangulation , and informant review .Data analysis using parative descriptive analysis techniques .The research procedure is an interrelated spiral model. The results showed that through the application of methods group investigation can increase motivation and potentiality write explanatory texts in class XI A P 1 SMK N 1 Surakarta from action practice to the first cycle and from the first cycle to the second cycle. Learning on are action practice teacher-center (teacher-centered learning) so motivation students and Capacity of write text explanation students of class XI A P 1 of SMK N 1 Surakarta are low. Enhan cement happen on cycleI. Motivation students and inability to write text explanation students increase although not optimal yet there are still some deficiencies both from the teacher and student factors and need to be improved by the second cycle .The implementation of the second cycle causes the shortcomings in the first cycle to be overcome by factors from the teacher and the factors of the students can be overcome. Based on the results of cycle II which has reached the limit of achievement, the study stopped in cycle II with the results that the group investigation method increases motivation and the ability to write explanatory text in class XI AP 1 students of SMK Negeri 1 Surakarta. The conclusions of this study are: (1) implementation method group investigation Enhancing motivation on student class X IA P 1SMK State1 Surakarta, (2) application of group investigation methods enhancing the ability to write explanatory text on students class X AP I SMKN 1 Surakarta With concrete steps taken, namely: (1) students hiterogen eously group each group of 5 people, (2) each group gets the task to make an explanatory text framework , (3) each group seeks information on the theme of the explanatory text that has been chosen , (4) the group has prepared an explanatory text framework based on the information already obtained, (5) each group presents the results of the exploratory text framework discussion, (6) the other groups provide advice on the explanatory text framework presented, (7) an explanatory text framework what has been presented is developed into a complete explanatory text by each group member, (8) a complete explanatory text essay becomes an individual work of each student and given by the teacher . Keyword:motivation, inability to write text explanation, method investigation group.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 22:51
    Last Modified: 14 Dec 2018 22:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42692

    Actions (login required)

    View Item