Studi Numerikal Turbin Angin Savonius Tipe S Dengan Penambahan Fin Pada Blade Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)

ANGGARA, BAYU (2018) Studi Numerikal Turbin Angin Savonius Tipe S Dengan Penambahan Fin Pada Blade Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2398Kb)

    Abstract

    Turbin angin savonius merupakan sistem konversi energi angin yang memiliki potensi yang baik dalam memenuhi kebutuhan energi skala kecil. Akan tetapi, desain standar dari turbin savonius memiliki efisiensi dan kecepatan putar yang relatif kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik aerodinamika turbin angin savonius dengan penambahan fin pada blade Penelitian ini menggunakan computational fluid dynamic (CFD) dari sebuah software Finite Element Analysis (FEA). Turbin angin savonius pada penelitian ini memiliki diameter rotor 1,1 m dan tinggi 1,4 m. Model 3D dari turbin savonius dibuat dengan software CAD SolidWorks® dengan variasi tanpa penambahan fin, 1 fin, 2 fin dan 3 fin. Kecepatan angin yang digunakan pada simulasi ini adalah 4,5 m/s dengan permodelan turbulensi k-epsilon standard. Simulasi ini menggunakan dynamic mesh model, yang kemudian di ekspor pada ANSYS FLUENT untuk menentukan karakteristik aerodinamika seperti drag, torsi, dan koefisien daya. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah variasi penambahan 1 fin menunjukkan performansi aerodinamika yang lebih baik dibandingkan dengan variasi penambahan 2 fin, 3 fin dan tanpa penambahan fin. Penambahan 1 fin menghasilkan nilai koefisien daya 0,221 paling tinggi dibandingkan variasi yang lain. Variasi penambahan 1 fin menunjukkan distribusi tekanan yang lebih baik, dengan tekanan yang lebih merata dan perbedaan tekanan antara permukaan cekung dan cembung yang lebih signifikan daripada variasi yang lain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 22:51
    Last Modified: 14 Dec 2018 22:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42690

    Actions (login required)

    View Item