PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN FASILITAS MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Teta, Jenar (2011) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN FASILITAS MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1774Kb)

    Abstract

    ABSTRAK digilib.uns.ac.id Janar Teta. PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN FASILITAS MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi; Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2011. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011; (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan fasilitas mengajar terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011; (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan supervisi kepala sekolah terhadap fasilitas mengajar terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling, sebanyak 40 guru atau 55% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear ganda. Dengan hasil persamaan garis linier ganda Y = 49,056 + 0,660 X1 + 0,652 X2 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif yang signifikan antara supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan harga thitung > ttabel atau 3,261 > 1,685 dengan taraf signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas mengajar guru terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga thitung > ttabel atau 2,240 > 1,685 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan antara supervisi kepala sekolah dan fasilitas mengajar guru terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Sukoharjo TahunPelajaran 2010/2011.Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel atau 28,948 > 3,252 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan relatif supervisi kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 70,2% dan sumbangan relatif fasilitas mengajar (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 29,8%. Untuk sumbangan efektif supervisi kepala sekolah (X1) terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan (Y) sebesar 50,9% dan fasilitas mengajar (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 21,6%. ABSTRACT digilib.uns.ac.id Janar Teta. THE INFLUENCE OF INFLUENCE SUPERVISE HEADMASTER AND FACILITY TEACH TO PERFORMANCE LEARN IN SMA NEGERI 2 SUKOHARJO SCHOOL IN ACADEMIC YEAR 2010 / 2011. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University, June 2011. The aims of the research are: (1) to know the significant influence of the principal supervision toward the teachers’ works at SMA Negeri 2 Sukoharjo 2010/2011 academic year; (2) to know the significant influence of the teaching facilities toward the teachers’ works at SMA Negeri 2 Sukoharjo 2010/2011 academic year; (3) to know the significant influence of the principal supervision and the teaching facilities toward the teachers’ works at SMA N 2 Sukoharjo 2010/2011 academic year. This research uses the quantitative research with the descriptive quantitative method. The population in this research is the teachers of SMA Negeri 2 Sukoharjo 2010/2011 academic year. The technique of collecting the sampling in this research is random sampling, for 40 teachers or 55% from the number of the population. The technique of collecting the data is using questionnaire method. The analysis of the data which are used in this research is double regression linear analyzes. The result of the double equation linear line is Y=49.056 +0.660 X1+0.652 X2. Based on the result of the research, it can be concluded that: (1) There is a significant positive influence of the principal supervision toward the teachers’ works at SMA N 2 Sukoharjo 2010/2011 academic year. It is showed from the tcount > ttable or 3.261 >1.685 with the signification degree 5%.(2) There is a significant positive influence of the teaching facilities toward the teachers’ works at SMA N 2 Sukoharjo 2010/2011 academic year. It is showed from the tcount > ttable or 2.240 >1.685 with the signification degree 5%. (3). There is a significant positive influence of the principal supervision and the teaching facilities toward the teachers’ works at SMA N 2 Sukoharjo 2010/2011 academic year. It is showed from the Fcount > Ftable or 28.948 >3.252 with the signification degree 5%. The relative contribution of the principal supervision (X1) toward the teacher’s works (Y) is 70.2% and the contribution relative teaching facilities toward the teacher’s works is 29.8%. For the effectiveness supervision of the principal (X1) toward studying performance in administration lesson (Y) is 50.9% and the teaching facilities (X2) toward the teachers’ works (Y) is 21.6%.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 15 Jul 2013 06:20
    Last Modified: 15 Jul 2013 06:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4269

    Actions (login required)

    View Item