Pertumbuhan dan Kandugan Klorofil Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir.) sebagai Tanaman Sela Jagung (Zea mays L.) dengan Pupuk Organik dan Waktu Tanam Berbeda

MUSTOFA, AHMAD FAIZAL (2018) Pertumbuhan dan Kandugan Klorofil Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir.) sebagai Tanaman Sela Jagung (Zea mays L.) dengan Pupuk Organik dan Waktu Tanam Berbeda. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (354Kb)

    Abstract

    PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN KLOROFIL KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir.) SEBAGAI TANAMAN SELA JAGUNG (Zea mays L.) DENGAN PUPUK ORGANIK DAN WAKTU TANAM BERBEDA Ahmad Faizal Mustofa Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. ABSTRAK Tumpangsari merupakan salah satu pola pertanaman dengan menanam dua atau lebih jenis tanaman yang berbeda dalam satu lahan dalam waktu bersamaan. Kangkung darat (Ipomoea reptans Poir.) mempunyai peluang yang baik untuk dikembangkan sebagai tanaman sela jagung (Zea mays L.). Namun, sistem tumpangsari ini meningkatkan kompetisi dalam memperebutkan faktor pertumbuhan (cahaya, udara, air, dan unsur hara). Untuk mengurangi kompetisi dari sistem tumpangsari jagung (Z. mays L.) dengan kangkung darat (I. reptans Poir.), maka dapat dilakukan dengan pemberian pupuk organik dan mengatur waktu tanam yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan kandungan klorofil tanaman kangkung darat (I. reptans Poir.) sebagai tanaman sela jagung (Z. mays L.) dengan pemberian pupuk organik dan waktu tanam berbeda. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan kombinasi perlakuan pemberian pupuk organik (abu sekam dan pupuk kandang kambing) dan perbedaan waktu tanam. Parameter yang diamati yaitu pertumbuhan kangkung darat (I. reptans Poir.) meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat basah, berat kering dan kandungan klorofil total. Data dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncans Multiple Range Test) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan pemberian pupuk organik dan waktu tanam berpengaruh signifikan terhadap semua parameter pertumbuhan tanaman dan kandungan klorofil total kangkung darat (I. reptans Poir.). Pemberian pupuk kandang kambing menunjukkan pengaruh yang terbaik pada pertumbuhan yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat basah, berat kering dan kandungan klorofil total tanaman kangkung darat (I. reptans Poir.). Waktu tanam terbaik terhadap pertumbuhan tanaman adalah pada perlakuan kangkung darat ditanam 2 minggu sebelum tanam jagung. Kandungan klorofil total tertinggi adalah pada perlakuan kangkung darat ditanam 2 minggu setelah tanam jagung. Kata kunci : Tumpangsari, waktu tanam, pertumbuhan, kandungan klorofil, kangkung darat (Ipomoea reptans Poir.)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 22:30
    Last Modified: 14 Dec 2018 22:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42676

    Actions (login required)

    View Item