PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CASH HOLDING PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2016)

RUFAIDAH, YEYEN (2018) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CASH HOLDING PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1154Kb)

    Abstract

    Pemerintah Indonesia sadar betul makna ramah lingkungan dan upaya pengurangan global warming, sehingga sepakat membuat aturan yang menjadi dasar pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan, yaitu diterbitkan Undang-undang No. 40 tahun 2007 Pasal 74 ayat 1. Corporate Social Responsibility merupakan komitmen perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasinya untuk senantiasa memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat sosial dan lingkungan. Penerapan Corporate Social Responsibility oleh perusahaan dapat diwujudkan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility yang disosialisasikan ke publik dalam laporan tahunan (annual report) perusahaan. Banyak faktor akan terpengaruh dengan adanya Corporate Social Responsibility, salah satuya adalah cash holding. Laporan corporate sosial responsibility dapat dianggap sebagai informasi ekstra-keuangan oleh investor ketika menentukan keputusan investasi yang akan mereka lakukan (Yeldar, 2013). Dengan menggunakan 56 perusahaan sebagai sample dan menggunakan regresi linier berganda sebagai metode analisis data, menunjukkan bahwa nilai t hitung bernilai positif yaitu sebesar 2,882. Hasil statistik uji t untuk Corporate Social Responsibility diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 dan lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Cash Holding.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 19:10
    Last Modified: 14 Dec 2018 19:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42673

    Actions (login required)

    View Item