PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA

HIDAYAH, SITI NUR (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (202Kb)

    Abstract

    BSTRAK Siti Nur Hidayah. K1514068. PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar dan Efektivitas Proses Pembelajaran Antara Siswa Dengan Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT) dibandingkan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa ranah pengetahuan dan keterampilan Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa Kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini termasuk kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan kelas eksperimen 1 menerapkan metode pembelajaran Pembelajaran Number Head Together (NHT) sedangkan kelas eksperimen 2 menerapkan Student Teams Achievement Division (STAD). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh kelas X DPIB A sebagai kelompok eksperimen 1 dan X DPIB B sebagai kelompok ekperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan menggunakan uji-t. Bedasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut. Metode pembelajaran Number Head Together (NHT) lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) ditinjau dari hasil rata-rata nilai posttest. Sedangkan hasil uji t yang diperoleh menghasilkan kemampuan pengetahuan (〖t 〗_hitung 3,8070 > 〖t 〗_tabel 1,6686 dan ketrampilan (〖t 〗_hitung 2,6620 > 〖t 〗_tabel 1,6686) sehingga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT) dibandingkan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan Mata Pelajaran Mekanika Teknik pada siswa kelas X DPIB Di SMK Negeri 5 Surakarta. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT), Student Teams Achievement Division (STAD) dan Hasil Belajar Mekanika Teknik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 19:03
    Last Modified: 14 Dec 2018 19:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42668

    Actions (login required)

    View Item