Profil Berpikir Relasional Siswa SMP Negeri 1 Boyolali pada Materi Aljabar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa

KUSUMA, NIYAN FAJAR (2018) Profil Berpikir Relasional Siswa SMP Negeri 1 Boyolali pada Materi Aljabar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (186Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa SMP Negeri 1 Boyolali pada materi aljabar ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa (KLM). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Boyolali pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria: 1) telah mendapatkan materi aljabar, 2) cenderung dapat berpikir relasional, dan 3) mampu mengkomunikasikan alur pikirnya secara lisan dan tulisan dengan baik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Data penelitian diperoleh dari hasil jawaban tes kecerdasan logis matematis, hasil jawaban tes berpikir relasional pada materi aljabar, dan wawancara siswa. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi waktu dan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa dengan KLM tinggi mampu menemukan hubungan antara unsur-unsur di kedua ruas pada persamaan dan mampu menjelaskan hubungan tersebut sehingga siswa dapat memperoleh simpulan untuk menyelesaikan persamaan tanpa menggunakan metode komputasi. Siswa dengan KLM sedang dan rendah dalam menyelesaikan persamaan terkait operasi bentuk aljabar belum dapat menemukan hubungan antara unsur-unsur di kedua ruas pada persamaan sehingga siswa cenderung menggunakan metode komputasi. Siswa dengan KLM sedang dalam menyelesaikan persamaan terkait faktorisasi suku aljabar mampu menemukan hubungan antara unsur-unsur di kedua ruas pada persamaan, tetapi belum menjelaskan hubungan tersebut dengan benar dan lengkap sehingga belum memperoleh simpulan untuk menyelesaikan persamaan tanpa menggunakan metode komputasi, sedangkan siswa dengan kategori KLM rendah mengalami kesalahan pada proses menyelesaikan persamaan terkait faktorisasi suku aljabar. Kata kunci: Berpikir relasional, Aljabar, Kecerdasan logis matematis

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 18:47
    Last Modified: 14 Dec 2018 18:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42664

    Actions (login required)

    View Item