PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI MENGGUNAKAN SOFTWARE LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS)

WATI, RIZKY RACHMA (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI MENGGUNAKAN SOFTWARE LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan pengembangan modul pembelajaran elektronik pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi menggunakan LCDS; dan (2) Mengetahui kriteria modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Dick dan Carry yaitu ADDIE. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi tiga tahapan yaitu: analysis, design, dan development.Penelitian dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Karanganyar, SMA Negeri 2 Sukoharjo, dan SMA Negeri 4 Surakarta. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pengembangan modul pembelajaran elektronik pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi menggunakan software LCDSdisusun dengan dukungan beberapa aplikasi penunjang konten yang dimuat dalam modul, antara lain:Microsoft Word 2013, Microsoft PowerPoint 2013, iSpring Suite 8, Adobe Photoshop CC, Wondershare QuizCreator, Canva, Padlet, Phet Corolado, Vegas Pro 14.0, Wondershare Filmora, VideoScribe, Microsoft Silverlight, dan Internet Explorer.Penilaian modul dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: validasi terhadapbeberapa validator (2 ahli, 3 reviewer, dan 2 peer reviewer)kemudian dilakukan revisi I,uji coba awal terhadap 9 siswa kemudian dilakukan revisi II, dan uji coba utama pada 45 siswa kemudian dilakukan revisi III; (2) Berdasarkan hasil uji coba utama yang dilakukan pada 45 siswa, modul yang dikembangkan memiliki kriteria sebagian besar sangat baik dan baik dalam setiap asepek penilaiannya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 18:56
    Last Modified: 14 Dec 2018 18:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42660

    Actions (login required)

    View Item