PENINGKATAN KEMAMPUAN MATERI PECAHAN DALAM MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUKTURAL DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SD N JETIS 04 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Noor, Hudzaifah (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MATERI PECAHAN DALAM MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUKTURAL DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SD N JETIS 04 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1503Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hudzaifah Noor. Peningkatan Kemampuan Materi Pecahan Dalam Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural Dengan Teknik Make A Match pada Siswa Kelas V SD N Jetis 04 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei, 2011. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kemampuan materi pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe struktural dengan teknik make a match pada siswa kelas V SD N 04 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika dalam kemampuan materi pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe struktural dengan teknik make a match pada siswa kelas V SD N 04 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus. Tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Siklus I terdiri atas 2 pertemuan, begitu juga dengan siklus II juga terdiri atas 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan deskripsi secara kualitatif. Pada penelitian ini, guru melaksanakan pembelajaran dan peneliti berperan sebagai pengamat. Sumber data yang digunakan berupa tes, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan kemampuan materi pecahan dalam matematika dan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dalam penguasaan materi pecahan siswa kelas V SD N Jetis 04 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rerata siswa 49,71 dengan persentase ketuntasan klasikal 7,14%, siklus I nilai rerata kelas mencapai 72,78 dengan persentase ketuntasan klasikal 64,28% dan siklus II nilai rerata siswa mencapai 81,64 dengan persentase ketuntasan klasikal 78,57%. Selain itu, kualitas proses pembelajaran juga mengalami peningkatan, yaitu dengan ditunjukkan dengan peningkatan kinerja guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Yaitu pada kondisi awal rerata kinerja guru sebesar 1,92, siklus I rerata kinerja guru sebesar 2,91 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,75. Sedangkan rerata aktivitas siswa pada kondisi awal sebesar 2,42 kemudian siklus I sebesar 3,28 dan meningkat menjadi 4,49 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik make a match mampu meningkatkan kemampuan materi pecahan siswa dan mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dalam penguasaan materi pecahan siswa kelas V SD N Jetis 04 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. ABSTRACT Hudzaifah Noor. Increasing Fraction Of Material Ability in Math From Using Cooperative Learning Model of Structural Tipe Make A Match Tecnique For Students 5TH Elementary School of SD N JETIS 04 SUKOHARJO in Academic Year 2010/2011. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret Surakarta, May, 2011. The Purpose of this research is (1) to increase the ability of the material fractions by using models of cooperative learning struktural tipe make a match tecnique for childrens 5TH elementary school of SD N Jetis 04 Sukoharjo in academic year 2010/2011, (2) for increase the quality of the learning process of mathematics in the mastery of fractions by using a model of cooperative learning techniques make a match for childrens 5TH elementary school of SD N Jetis 04 Sukoharjo in academic year 2010/2011. The shape of this research is Class Action Research with cycles model. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The study consisted of 2 cycles. Cycle I consists of two meetings, as well as the second cycle also consists of two meetings. Techniques of data collection is carried out with the technique of observation, documentation and testing. Data analysis technique used is to conduct a qualitative description. In this study, teachers carry out teaching and research role as observer. Sources of data used in the form of tests, documentation and observation. The results of this study indicate that the model of cooperative learning techniques make a match to improve the ability of the material fractions in mathematics and to improve the quality of the learning process in students 5TH elementary school of SD N Jetis 04 Sukoharjo in Academic Year 2010/2011. This is evident in the initial conditions prior to the act of a mean value of 49.71 students with classical completeness percentage 7,14%, first cycle average value of 72,78 with a percentage grade achieved mastery classical cycle II 64.28% and the average value of students reached 81, 64 with 78.57% percentage of classical completeness. In addition, the quality of the learning process is also increasing, which is indicated by improved performance by teachers and students in learning activities. Teacher performance in initial conditions by 1,92. And than in cycle I mean the performance of teachers amounted to 2.91 and on the second cycle increases to 3.75. While the average student activity in the initial coditions by 2,42 and than the first cycle of 3.28 increased to 4.49 on the second cycle. Thus, it can be concluded that learning math by using the model of cooperative learning of make a match techniques is able to improve students 'fraction material and can improve the quality of the learning process in students 5TH elementary school of SD N Jetis 04 Sukoharjo in Academic Year 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 15 Jul 2013 06:15
    Last Modified: 15 Jul 2013 06:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4266

    Actions (login required)

    View Item