KOMUNIKASI DAKWAH UMAT KHONGHUCU (Studi Kasus Tentang Aktivitas Komunikasi Dakwah Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) di Kota Surakarta)

W, PRISKILA REGI (2018) KOMUNIKASI DAKWAH UMAT KHONGHUCU (Studi Kasus Tentang Aktivitas Komunikasi Dakwah Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) di Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (192Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi dakwah Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Solo dalam menerapkan ajaran agamanya serta membina umat Khonghucu yang masih ada hingga saat ini. Tidak hanya itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dirasakan Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Solo, dalam melakukan aktivitas komunikasi dakwahnya kepada seluruh umat Khonghucu di Kota Solo. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori AIDDA. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dandokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah umat Khonghucu yang aktif dalam kepengurusan MAKIN Solo. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan pada bulan April-Juni 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sejumlah aktivitas komunikasi dakwah yang dilakukan Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Solo yang ditujukan bagi umat Khonghucu, sebagai bentuk interaksi dan sosialisasi ajaran agamanya. Aktivitas komunikasi dakwah yang dilakukan MAKINSolo terbagai dalam dua bentuk yakni aktivitas komunikasi dakwah dengan menggunakan media dan aktivitas komunikasi dakwah nir media. Aktivitas komunikasi dakwah MAKIN Solo ini, dilakukan karena adanya sejumlah faktor pendukung dan faktor penghambat yang dapat mempengaruhi keberlangsungan agama Khonghucu di Kota Surakarta. Untuk itulah MAKIN Solo harus selalu melakukan komunikasi dakwah untuk tetap menjaga keutuhan ajaran agamanya dan mempertahankan umat Khonghucu yang ada saat ini. Kata kunci: aktivitas, komunikasi dakwah, MAKIN Solo

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 18:56
    Last Modified: 14 Dec 2018 18:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42658

    Actions (login required)

    View Item