Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dengan Pendekatan Open-Ended Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo Tahun Pelajaran 2017/2018

Fatmawati, Kartika Endah (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dengan Pendekatan Open-Ended Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MOJOSONGO Kartika Endah Fatmawati1), Sutopo2), Laila Fitriana3) Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, UNS Alamat Instansi: Gedung D lantai 1, Jalan Ir. Sutami No. 36 A, Surakarta, Jawa Tengah 57126 1)kartikaendah65@gmail.com 2)stptop@yahoo.com 3) lailafitriana_fkip@staff.uns.ac.id. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara model MMP dengan open-ended atau model pembelajaran langsung; manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara siswa dengan kemampuan penalaran tinggi, sedang atau rendah; pada masing-masing model, manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara siswa dengan kemampuan penalaran tinggi, sedang atau rendah; pada masing-masing kemampuan penalaran, manakah yang menghasilkan prestasi yang lebih baik antara siswa dengan model MMP dengan open-ended atau siswa dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo. Simpulan penelitian: model MMP dengan open-ended menghasilkan prestasi lebih baik daripada model langsung; siswa kemampuan penalaran tinggi mempunyai prestasi yang lebih baik dari siswa kemampuan penalaran sedang maupun rendah, sedangkan siswa kemampuan penalaran sedang mempunyai prestasi yang sama baiknya dengan siswa kemampuan penalaran rendah; pada masing-masing model pembelajaran, siswa kemampuan penalaran tinggi mempunyai prestasi yang lebih baik daripada siswa kemampuan penalaran sedang maupun rendah sedangkan siswa kemampuan penalaran sedang mempunyai prestasi yang sama baiknya siswa dengan kemampuan penalaran rendah; pada masing-masing kemampuan penalaran, pembelajaran dengan menggunakan model MMP dengan open-ended menghasilkan prestasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model langsung. Kata Kunci : model Missouri Mathematics Project, open-ended, kemampuan penalaran, teorema Pythagoras

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 18:29
    Last Modified: 14 Dec 2018 18:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42649

    Actions (login required)

    View Item