Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Prestasi Belajar Kognitif Akuntansi

H, GITA MEI KHUSNUL K (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Prestasi Belajar Kognitif Akuntansi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (7Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Gita Mei Khusnul Khotimah. K7413070. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF AKUNTANSI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama yaitu untuk menguji: 1) pengaruh model PBL terhadap prestasi belajar kognitif akuntansi, (2) pengaruh model STAD terhadap prestasi belajar kognitif akuntansi, dan (3) untuk menguji perbedaan signifikan antara prestasi belajar kognitif akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran PBL dan STAD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 71 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes prestasi belajar kognitif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh penerapan model PBL terhadap prestasi belajar kognitif akuntansi, dengan sig. < 0,05 (0,000<0,05), 2) terdapat pengaruh penerapan model STAD terhadap prestasi belajar kognitif akuntansi, dengan sig.< 0,05 (0,000 < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan signifikan antara prestasi belajar kognitif akuntansi yang diajar dengan model PBL dan STAD, dengan sig < 0,05 (0,021 < 0,05). Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Student Team Achievement Division (STAD), Prestasi Belajar Kognitif Akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 18:29
    Last Modified: 14 Dec 2018 18:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42648

    Actions (login required)

    View Item