HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SEJARAH KEBANGSAAN DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH TERHADAP SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Kusuma, Endra (2018) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SEJARAH KEBANGSAAN DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH TERHADAP SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Endra Kusuma. K4413023. HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SEJARAH KEBANGSAAN DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH TERHADAP SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hubungan antara pemahaman sejarah kebangsaan dan sikap cinta tanah air siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo. 2) Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar sejarah dan sikap cinta tanah air siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo. 3) Hubungan antara pemahaman sejarah kebangsaan dan pemanfaatan sumber belajar sejarah secara bersama-sama terhadap sikap cinta tanah air siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 125 siswa. Sampel diambil sebanyak 95 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) ada hubungan yang positif antara pemahaman sejarah kebangsaan dan sikap cinta tanah air pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 2,092 > 1,665 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,039 dengan sumbangan relatif sebesar 5,62% dan sumbangan efektif sebesar 2,9%. 2) ada hubungan yang positif antara pemanfaatan sumber belajar sejarah dan sikap cinta tanah air pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 9,545 > 1,665 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 94,38% dan sumbangan efektif sebesar 48,7%. 3) ada hubungan yang positif antara pemahaman sejarah kebangsaan dan pemanfaatan sumber belajar sejarah secara bersama-sama terhadap sikap cinta tanah air pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo. Hal ini berdasarkan hasil uji anova pada uji keberartian regresi linear berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 48,960 > 2,70 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,516 menunjukkan bahwa hubungan yang diberikan oleh variabel pemahaman sejarah kebangsaan dan pemanfaatan sumber belajar sejarah secara bersama-sama terhadap sikap cinta tanah air pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo adalah sebesar 51,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Pemahaman Sejarah Kebangsaan, Pemanfaatan Sumber Belajar Sejarah, Sikap Cinta Tanah Air.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 18:20
    Last Modified: 14 Dec 2018 18:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42645

    Actions (login required)

    View Item