Pengaruh Penerapan Metode Simulasi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa SMK N 1 Sukoharjo

WIGUNA, CRISTIA ANDI (2018) Pengaruh Penerapan Metode Simulasi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa SMK N 1 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Cristia Andi Wiguna. K7414012. PENGARUH PENERAPAN METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA SMK N 1 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah kognitif; (2) pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah afektif; (3) pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi - eksperimental research). Populasi dan sampel penelitian adalah kelas XI Akuntansi 1 dan XI Akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Sukoharjo, yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar ranah kognitif. Angket digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar ranah afektif. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar ranah psikomotorik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji prasyarat analisis dan uji hipotesis). Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diinformasikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah kognitif, dibuktikan dengan perolehan nilai uji t = 4,571 (p = 0,000). Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah afektif, menunjukkan nilai uji t = 3,370 (p = 0,001). Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah psikomotorik, mendapatkan nilai uji t = 5,082 (p = 0,000). Data posttest mengenai hasil belajar akuntansi pada ketiga ranah kognitif, afektif dan psikomotor terdapat perbedaan peningkatan sebesar 12, 10 dan 17 poin secara berurutan pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo. Kata Kunci : Metode Simulasi, Hasil Belajar, Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 14 Dec 2018 18:11
    Last Modified: 14 Dec 2018 18:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42642

    Actions (login required)

    View Item