Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Pendekatan Kooperatif Two Stay-Two Stray (TS-TS) Berbantu Media Powtoon Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta

Anindhita, Widyaloka Intan (2018) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Pendekatan Kooperatif Two Stay-Two Stray (TS-TS) Berbantu Media Powtoon Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (50Kb)

    Abstract

    Widyaloka Intan Anindhita. K7414056. UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) BERBANTU MEDIA POWTOON SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN SMK KRISTEN 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasi belajar setelah diterapkannya pendekatan Kooperatif Two Stay-Two Stray dengan berbantu media powtoon pada siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pelaksanaan PTK terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, (4) analisis dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan terdiri dari 32 orang siswa 6 laki-laki dan 26 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data diuji menggunakan validitas isi untuk pengujian data tes dan triangulasi metode untuk pengujian data non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Tindakan dinyatakan berhasil apabila terdapat 75% dari siswa memiliki nilai diatas 76 atau dinyatakan tuntas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan dan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan kooperatif Two Stay-Two Stray dengan berbantu media powtoon. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase jumlah siswa yang memliki nilai diatas kriteria ketuntasan minimal yaitu 76. Pada siklus pra-tindakan hanya ada 56% dari jumlah siswa yang memiliki nilai 76 atau hanya 18 siswa saja yang dinyatakan tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa tuntas sebesar 16% yaitu dari 56% ke 72% atau dari 18 siswa menjadi 23 siswa yang tuntas. Setelah siklus I dilaksanakan dan dilakukan perbaikan, tingkat ketuntasan yang diperoleh siswa kembali meningkat pada siklus II sebesar 12% yaitu dari 72% siswa tuntas ke 84% siswa yang tuntas atau dari 23 siswa menjadi 27 siswa yang tuntas. Peningkatan yang terjadi disebabkan oleh mulai digunakannya pendekatan kooperatif Two Stay-Two Stray dengan berbantu media powtoon pada siklus I dan diadakannya perbaikan pada sistem pembagian kelompok di siklus II. Simpulan penelitian ini yaitu pendekatan kooperatif Two Stay-Two Stray berbantu media powtoon dapat memperbaiki dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta. Kata Kunci: pendekatan kooperatif Two Stay-Two Stray, media powtoon, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Dec 2018 15:02
    Last Modified: 14 Dec 2018 15:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42630

    Actions (login required)

    View Item