Hubungan Outdoor Learning Method dan Bimbingan Belajar dengan Prestasi Pelajar Mata Pelajaran Sosiologi kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali

Baitti, Muntari Dian Nur (2018) Hubungan Outdoor Learning Method dan Bimbingan Belajar dengan Prestasi Pelajar Mata Pelajaran Sosiologi kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (610Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muntari Dian Nurbaitti, K8413050. HUBUNGAN OUTDOOR LEARNING METHOD DAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SOSILOGI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BOYOLALI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, 2018. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara Outdoor Learning Method dan prestasi belajar mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali. (2) Hubungan antara Bimbingan Belajar dan prestasi belajar mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali . (3) Hubungan Outdoor Learning Method dan Bimbingan Belajar dengan Prestasi Belajar mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali,yang berjumlah 113 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 53 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data diakukan dengan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) “Terdapat hubungan antara Outdoor Learning Method dengan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 2 Boyolali”, diterima, karena r y = 0,490 dan p = 0,000. (2)“Terdapat hubungan antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 2 Boyolali ”, diterima, karena r y= 0,999 dan p = 0,000. (3) “Terdapat hubungan antara Outdoor Learning Method dan bimbingan belajar dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 2 Boyolali”, diterima karena r table n53= 0,266, dan R hitung 0,999. Kata Kunci: Penelitian Kuantitatif, Outdoor Learning Method, Bimbingan Belajar dan Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Dec 2018 14:33
    Last Modified: 14 Dec 2018 14:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42622

    Actions (login required)

    View Item