Pengembangan Aplikasi Mobile Kamus Akuntansi Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Banyudono

Dani, Fajar Anwar (2018) Pengembangan Aplikasi Mobile Kamus Akuntansi Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Banyudono. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (184Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fajar Anwar Dani K7413062. PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE KAMUS AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 BANYUDONO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memperoleh data empirik tentang sumber belajar yang digunakan pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Banyudono sebelum pengembangan, (2) Mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Mobile Kamus Akuntansi, (3) Menguji kelayakan dan keefektifan aplikasi Mobile Kamus Akuntansi berbasis Android yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, analisis dokumen, observasi, angket validasi, angket penilaian siswa, dan tes. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, praktisi akuntansi, dan seluruh siswa kelas X AK di SMK Negeri 1 Banyudono. Efektivitas aplikasi Mobile Kamus Akuntansi dianalisis dengan membandingkan nilai post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan Independent Samples T-Test. Selain itu, juga dianalisis menggunakan Paired Samples T-Test dengan membandingkan nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sumber belajar yang digunakan sebelum penelitian pengembangan yaitu buku pegangan/modul tidak membahas secara rinci materi nama akun dan pengertiannya. (2) Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu: Analyze, melakukan analisis permasalahan sebagai dasar melakukan pengembangan; Design, merancang aplikasi yang akan dikembangkan; Develop, melakukan pengembangan aplikasi Mobile Kamus Akuntansi berdasarkan rancangan yang telah dibuat; Implement, melakukan pengujian kelayakan terhadap aplikasi Mobile Kamus Akuntansi; dan Evaluate untuk menguji keefektifan aplikasi Mobile Kamus Akuntansi terhadap prestasi belajar siswa. 3) Aplikasi Mobile Kamus Akuntansi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan rata-rata persentase sebesar 87%. Aplikasi Mobile Kamus Akuntansi efektif untuk meningkatkan prestasi belajar para siswa. Hal ini diperoleh berdasarkan pada Independent Samples T-Test mendapat nilai signifikansi 0,019 < 0,05 dan Paired Sample T-Test mendapat nilai signifikansi 0,000 < 0.05. Kata kunci: aplikasi, kamus, android, media pembelajaran, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Dec 2018 14:08
    Last Modified: 14 Dec 2018 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42609

    Actions (login required)

    View Item