PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KONTRIBUSINYA TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN

MUSTOFA, ACHMAD (2018) PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KONTRIBUSINYA TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung pembelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap attitude toward behaviour, subjective norms, dan perceived behaviour control, serta pengaruh langsung pembelajaran prakarya dan kewirausahaan, attitude toward behaviour, subjective norms, dan perceived behaviour control terhadap niat berwirausaha. Selanjutnya, mengetahui pengaruh tidak langsung pembelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap niat berwirausahaa ditinjau dari attitude toward behaviour, subjective norms, dan perceived behaviour control. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa program keahlian pemasaran SMK Negeri yang belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan jumlah 319 siswa. Sampel berjumlah 175 siswa yang dipilih dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner dan dokumen dan sudah diuji validitas dan reliabilitas sebelumnya. Teknik analisis data menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian yang ditemukan adalah terdapat pengaruh langsung pembelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap attitude toward behaviour sebesar 0,456, subjective norms sebesar 0,305, dan perceived behaviour control sebesar 0,540, serta terdapat pengaruh langsung pembelajaran prakarya dan kewirausahaan sebesar 0,166, attitude toward behaviour sebesar 0,352, subjective norms sebesar 0,103 dan perceived behaviour control sebesar 0,280 terhadap niat berwirausaha. Selanjutnya, terdapat pengaruh tidak langsung pembelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap niat berwirausahaa ditinjau dari attitude toward behaviour sebesar 0,160, subjective norms sebesar 0,032, dan perceived behaviour control sebesar 0,151.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Dec 2018 11:40
    Last Modified: 14 Dec 2018 11:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42600

    Actions (login required)

    View Item