IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X SECARA ONLINE- TEST INSTRUMEN PENDIAGNOSIS MISKONSEPSI KONSEP MOL (IPMKM) DI SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN 2017/2018

AM, PRAMUDYA DARMAWAN (2018) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X SECARA ONLINE- TEST INSTRUMEN PENDIAGNOSIS MISKONSEPSI KONSEP MOL (IPMKM) DI SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (80Kb)

    Abstract

    Pramudya Darmawan Arga Manggala. K3314041. IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X SECARA ONLINE- TEST INSTRUMEN PENDIAGNOSIS MISKONSEPSI KONSEP MOL (IPMKM) DI SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN 2017/2018. Skripsi. Surakata: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya miskonsepsi pada siswa di materi konsep mol kelas X MIPA SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2017/2018. (2) letak miskonsepsi pada materi konsep mol. (3) berapa persen tingkat miskonsepsi pada materi konsep mol pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Teras. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi data dengan wawancara, test diagnostik, dan analisis dokumen berupa buku sumber belajar. Hasil penelitian ini didapatkan tingkat miskonsepsi siswa pada rentang rendah sampai sedang yaitu 13.33% dan 53,33%. Miskonsepsi yang terjadi pada konsep mol sebagai berikut: Menentukan hubungan jumlah mol dengan volume dan massa dalam keadaan STP sebesar 38.33%, menentukan hubungan jumlah partikel ,mol dan massa zat 30.00%, Menentukan massa atom relatif/massa molekul relatif zat 43.33%, hubungan hukum kekekalan massa dalam persamaan reaksi 13.33%, dan menentukan jumlah mol suatu molekul, senyawa, dan zat 31.11% dengan deskripsi pada masing-masing miskonsepsi. Tingkat miskonsepsi pada materi konsep mol pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2017/2018 pada keseluruhan materi konsep mol adalah sedang (32,89%). Kata Kunci: Miskonsepsi, Jumlah mol, Jumlah partikel, Konsep mol, Test Diagnostik IPMKM

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Dec 2018 11:15
    Last Modified: 14 Dec 2018 11:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42599

    Actions (login required)

    View Item