PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP DALAM BENTUK CONCEPT MAP DENGAN PENERAPAN TEKNIK INSTRUKSIONAL PERTANYAAN PADA PROJECT BASED LEARNING Jenis Dokumen

Dewi, Fahma Auliya (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP DALAM BENTUK CONCEPT MAP DENGAN PENERAPAN TEKNIK INSTRUKSIONAL PERTANYAAN PADA PROJECT BASED LEARNING Jenis Dokumen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (86Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fahma Auliya Dewi. K4314028 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP DALAM BENTUK CONCEPT MAP DENGAN PENERAPAN TEKNIK INSTRUKSIONAL PERTANYAAN PADA PROJECT BASED LEARNING. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Penelitian bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep dengan penerapan teknik instruksional pertanyaan guru di tahap searching for the theoretical background of the driving question project based learning. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Tindakan penelitian adalah penerapan teknik instruksional pertanyaan pada PjBL. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan untuk menyusun RPP dan kelengkapannya, pelaksanaan pada aktivitas tindakan, observasi untuk menghitung skor CM dan refleksi untuk tindakan selanjutnya. Uji validitas dengan metode triangulasi meliputi: verifikasi kesesuaian skor CM dan dokumentasi berdasarkan expert CM dan wawancara. Reduksi dilakukan untuk memilih kelengkapan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan data CM yang lengkap. Analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep berdasarkan skor CM mengalami peningkatan, dilihat dari rata-rata total skor CM (%) berdasarkan expert CM pada prasiklus, ke siklus I, dan siklus II sebesar 11.54%, 26.48%, dan 32.36%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan teknik instruksional pertanyaan di tahap searching for the theoretical background of the driving question pada PjBL meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep dalam bentuk concept map. Kata kunci: teknik instruksional, project based learning, concept map, menemukan konsep, menghubungkan konsep.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Dec 2018 20:57
    Last Modified: 13 Dec 2018 20:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42568

    Actions (login required)

    View Item