PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERNAPASAN BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING DISERTAI MIND MAPPING UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA

SUGIYANTO, FADILAH NUR (2018) PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERNAPASAN BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING DISERTAI MIND MAPPING UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (181Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian pengembangan modul sistem pernapasan berbasis CPS disertai mind mapping bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik modul sistem pernapasan berbasis CPS disertai mind mapping untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah; 2) mengetahui kelayakan modul sistem pernapasan untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah; 3) mengetahui efektivitas modul sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA. Penelitian dan pengembangan modul sistem pernapasan menggunakan prosedur Borg & Gall yang dimodifikasi sesuai dengan tujuan penelitian terdiri atas 9 tahapan yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk awak; 4) uji coba lapangan permulaan; 5) revisi produk utama; 6) uji lapangan utama; 7) revisi produk operasional; 8) uji lapangan operasional; 9) revisi produk akhir. Subjek yang digunakan pada uji lapangan operasional yaitu siswa XI SMA Negeri 1 Cawas dan SMA Negeri 1 Polanharjo di Kabupaten Klaten. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif mengenai karakteristik modul, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria, dan analisis peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah melalui uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) modul sistem pernapasan hasil pengembangan dengan karakteristik aktivitas di dalam modul secara terstruktur dan sistematis mengacu pada sintaksis model CPS yang telah diintegrasikan dengan mind mapping. Aktivitas modul telah dirancang sebagai pelatihan setiap indikator keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah, 2) modul sistem pernapasan yang telah dikembangkan mencapai kriteria sangat baik berdasarkan penilaian oleh validator ahli, praktisi pendidikan, dan kelompok siswa, 3) modul sistem pernapasan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah di sekolah kategori tinggi, namun kurang efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah di sekolah kategori rendah. Kata Kunci: modul sistem pernapasan, creative problem solving, mind mapping, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan pemecahan masalah ABSTRACT The aim of this research is to know: 1) the characteristics of respiratory system module based on CPS with mind mapping to empower creative thinking and problem solving skills; 2) the feasibility of the respiratory system module to empower creative thinking and problem solving skills; 3) the effectiveness of respiratory system module to improve creative thinking and problem solving skills of high school student of 11 grade. Research and development of respiratory system module using modified Borg & Gall procedure according to research objectives consist of 9 stages: 1) research and information collecting; 2) planning; 3) develop preliminary from of product; 4) preliminary field testing; 5) main product revision; 6) main field test; 7) operational product revision; 8) operational field test; 9) final product revision. The research subject in operational field was grade 11 students of SMA Negeri 1 Cawas and SMA Negeri 1 Polanharjo in Klaten Regency. Data analysis in this research is descriptive analysis of module characteristics, module feasibility analysis based on criteria score, and analysis of improvement of creative thinking and problem solving skills through normalized gain test. The result of this research is concluded that: 1) respiratory system module of development result with activity characteristic in module in structured and systematic refers to syntactic of CPS model which have been integrated with mind mapping. Module activity has been designed as a training for each indicator of creative thinking and problem solving skills, 2) the developed respiratory system module achieves excellent criteria based on assessment by expert validators, educational practitioners, and student groups, 3) effective respiratory system modules to improve thinking skills creative and problem solving in senior high school (high grade), but less effective in improving problem solving skills in senior high school (low grade). Key word: respiratory system module, creative problem solving, mind mapping, creative thinking skill, problem solving skill,

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Dec 2018 20:57
    Last Modified: 13 Dec 2018 20:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42567

    Actions (login required)

    View Item