PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN KETERAMPIAN MEMBANGUN DAN MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PERTEMANAN YANG BERMAKNA MELALUI TEKNIK MODELING AND ROLE-PLAYING PADA PESRTA DIDIK SMP

A, ONIFACIO YANUAR P (2018) PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN KETERAMPIAN MEMBANGUN DAN MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PERTEMANAN YANG BERMAKNA MELALUI TEKNIK MODELING AND ROLE-PLAYING PADA PESRTA DIDIK SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (283Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bonifacio Yanuar Putra Andyantoro, K3113012. PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN KETERAMPILAN MEMBANGUN DAN MEM-PERTAHANKAN HUBUNGAN PERTEMANAN YANG BERMAKNA MELALUI TEKNIK MODELING AND ROLE-PLAYING PADA PESERTA DIDIK SMP. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kajian teoritik mengenai teknik modeling and role-playing untuk meningkatkan keterampilan membangun dan mempertahan hubungan pertemanan yang bermakna dan menghasilkan prototipe-1 panduan pengembangan keterampilan membangun dan memper-tahankan hubungan pertemanan yang bermakna melalui Teknik role playing and modeling yang dapat digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan desain dari Borg and Gall. Penelitian ini hanya sampai pada tahap ke-3 yaitu tahap pembuatan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan angket tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik. Data tersebut diperoleh dari peserta didik, guru BK, dan orang tua. Persentase kebutuhan dan kepentingan tertinggi akan dijadikan judul penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah sebai berikut. Pertama, kajian empirik yang memuat hasil survei yang dilakukan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Sebelas Maret angkatan 2012 yang tergabung dalam penelitian payung diperoleh data tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik sebanyak 1680 (54,04%) dari 3109 responden menganggap sangat membutuhkan dan sebanyak 1684 (54,17%) responden menganggap sangat penting terhadap pengembangan keterampilan membangun dan mempertahankan hubungan pertemanan yang bermkna. Kedua, kajian teoritik yang telah dilakukan diperoleh data mengenai pengertian pertemanan yang bermakna, aspek persahabatan yang bermakna, fungsi teman sebaya, pengertian teknik modeling and role-playing¬, dan langkah – langkah teknik modeling and role-playing. Ketiga, berdasarkan kajian teoritik dan empirik disusunlah produk berupa buku Panduan Keterampilan Membangun dan Mempertahankan Hubungan Pertemanan yang Bermakna Melalui Teknik Modeling and Role-Playing pada Peserta Didik SMP. Produk yang dihasilkan berupa buku panduan yang akan digunakan oleh guru BK dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang akan digunakan oleh peserta didik. Simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti yang selanjutnya, yang berminat untuk mengembangkan pandauan yang akan diuji kevaliditasan, keefektifan, dan kepraktisannya. Kata kunci: Hubungan pertemanan yang bermakna, modeling and role-playing, peserta didik SMP.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 13 Dec 2018 20:49
    Last Modified: 13 Dec 2018 20:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42560

    Actions (login required)

    View Item