Peningkatan Keterampilan Bertanya Melalui Penerapan Strategi Learning Starts With a Question (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

YUNIARTI, YUNIARTI (2018) Peningkatan Keterampilan Bertanya Melalui Penerapan Strategi Learning Starts With a Question (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (278Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yuniarti. K7114195. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA MELALUI PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universtas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah 1) meningkatkan keterampilan bertanya melalui penerapan strategi Learning Starts With a Question pada siswa kelas V SD Negeri Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. 2) mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan bertanya siswa kelas V SD Negeri Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan strategi Learning Starts With a Question. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Tegalayu yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan keterampilan bertanya siswa melalui penerapan strategi Learning Starts With a Question. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dan jumlah siswa yang mendapat nilai dalam kategori terampil bertanya (≥75). Pada pratindakan persentase ketuntasan klasikal sebesar 10% atau 2 dari 20 siswa mendapat nilai dalam kategori terampil, dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 62,6. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 70% atau 14 dari 20 siswa mendapat nilai dalam kategori terampil, dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 80,8. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal meningkat lagi menjadi 95% atau 19 dari 20 siswa mendapat nilai dalam kategori terampil, dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 87,5. Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Learning Starts With a Question dapat meningkatkan keterampilan bertanya pada siswa kelas V SD Negeri Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: learning starts with a question, keterampilan bertanya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 11 Dec 2018 10:50
    Last Modified: 11 Dec 2018 10:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42556

    Actions (login required)

    View Item