STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING DAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017)

Lisnawati, Ririn (2018) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING DAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (143Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ririn Lisnawati. K3313059. STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING DAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya: (1) pengaruh model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) dan Group Investigation (GI), (2) pengaruh kemampuan berpikir analisis, dan (3) interaksi antara model pembelajaran Coopertive Problem Solving (CPS) dan Group Investigation (GI) dengan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi Kelarutan dan Tetapan Hasil Kali Kelarutan (Ksp). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes untuk data kemampuan berpikir analisis, teknik angket dan observasi untuk data nilai sikap, teknik tes untuk nilai pengetahuan, serta teknik observasi untuk data nilai keterampilan. Analisis data menggunakan uji hipotesis non parametrik Kruskal Wallis. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan, yaitu: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran CPS dan GI terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan sikap, tetapi tidak berpengaruh terhadap aspek keterampilan, (2) tidak terdapat pengaruh kemampuan berpikir analisis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran CPS dan GI dengan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan sikap, namun tidak ada interaksi antara model pembelajaran CPS dan GI dengan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar peserta didik aspek keterampilan pada materi Kelarutan dan Tetapan Hasil Kali Kelarutan (Ksp). Kata Kunci: Coopertive Problem Solving (CPS), Group Investigation (GI), Kemampuan Berpikir Analisis, Prestasi Belajar, Kelarutan dan Tetapan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 10 Dec 2018 18:10
    Last Modified: 10 Dec 2018 18:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42548

    Actions (login required)

    View Item