EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO SOCIAL NETWORKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 (Kompetensi Dasar Menganalisis Ketahanan Pangan Nasional, Penyediaan Bahan Industri, Serta Potensi Energi Baru dan Terbarukan)

SANI, MERZA KURNIA (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO SOCIAL NETWORKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 (Kompetensi Dasar Menganalisis Ketahanan Pangan Nasional, Penyediaan Bahan Industri, Serta Potensi Energi Baru dan Terbarukan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (213Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Mengetahui perbedaan antara penggunaan model pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Social Networking dengan konvensional learning terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui perbedaan antara penggunaan model pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Social Networking dengan konvensional learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2017/ 2018, dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 4 yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes, sedangkan motivasi peserta didik menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji T Sampel Independen (Independent Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Model Blended Learning berbasis Edmodo Social Networking lebih efektif dalam hal motivasi belajar dibanding Model Konvensional Learning dengan perbandingan rerata skor motivasi belajar 81,8 banding 75,68, dan dibuktikan dengan hasil Uji T Sampel Independen pada taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung > t tabel (-2,084> -2,0106; (2) Model Blended Learning berbasis Edmodo Social Networking lebih efektif dalam hal hasil belajar dibanding Model Konvensional Learning dengan perbandingan rerata skor hasil belajar 89,7 banding 85,9, dan 86,67 banding 80,23, dan dibuktikan dengan hasil Uji T Sampel Independen pada taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung > t tabel (-3,342 > -2,0106). Kata Kunci : Blended Learning, Edmodo Social Networking, Motivasi, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 10 Dec 2018 08:01
    Last Modified: 10 Dec 2018 08:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42541

    Actions (login required)

    View Item