PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE UNTUK KETERAMPILAN SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN JEPARA

HANIF, MUHAMMAD (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE UNTUK KETERAMPILAN SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menguji keefektifan media pembelajaran mobile dalam meningkatkan kemandirian belajar dan keterampilan speaking siswa dalam pembelajaran bahasa inggris bagi siswa SMA di kabupaten Jepara. Penelitian pengembangan media pembelajaran mobile berbasis android ini menggunakan prosedur ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu: 1) Analysis yang meliputi studi lapangan, studi pustaka, pemetaan faktor potensi pendukung dan penghambat pengembangan dan analisis kebutuhan, 2) Design yang berisi identifikasi kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran, mendesain materi dan aktiftas belajar serta menyusun flow chart dan story board, 3) Develop yang memuat tahapan produksi prototype media, validasi desain oleh ahli serta revisi desain berdasarkan hasil validasi, 4) Implement, yang memuat proses uji coba terbatas dan uji coba lebih luas, 5) Evaluate, yang merupakan tahapan uji keefektifan media pembelajaran mobile tersebut dengan didahului serangkaian uji prasyarat.Penelitian ini didasari kebutuhan akan fasilitas praktikum bahasa yang kurang memadai sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa rendah serta adanya potensi penggunaan perangkat mobile dan pemanfaatan waktu belajar secara mandiri.Produk berbentuk aplikasi pembelajaran ini dikembangkan dengan App Inventor yang kontenya didesain mengikuti pedekatan saintifik. Media yang diberi nama “Kartini Loves Speaking” ini telah tinjauan oleh ahli materipada aspek tujuan pembelajaran kesesuaian dengan kurikulum, penyajian, pendekaatan pembelajaranserta proses penilaian dan oleh ahli media pada aspekprinsip equitabilitas dan fleksibilitas,desain tampilan,pengelolaan dan pengembangan serta kemudahan akses. Hasil uji kelayakan dari para ahli diperoleh nilai rata-rata 3.98 dari ahli materi dan 4.58 dari ahli media. Dari penlaian tersebut produk media dinyatakan valid dan layak diujicobakan. Pada proses uji coba terbatas diperoleh nilai 3.66 dan setelah di revisi penilaian produk meningkat dalam uji coba lebih luas dengan memperoleh rata-rata nilai 4.25 dari calon pengguna. Selanjutnya pada tahap evaluasiyang menguji keefektifan produk media pembelajaran mobile menunjukkan adanya peningkatan tingkat kemandirian belajar siswa kelompok eksperimen dari kategori sedang (mid regulator) dengan rata-rata 3.24 menjadi kategori tinggi (high regulator) dengan rata-rata nilai 3.69. Efektifitas media ini juga terlihat dari perbedaan yang signifikan antara rata- rata nilai keterampilan speakingantara kelompok eksperimendan kontrol saat posttest yaitu 70.37 berbanding 63.25. Hasil uji hipotesis menunjukan penggunaan media tersebut meningkatkan hasil belajar keterampilan speaking siswa secara signifikandengan nilai signifikansi 0,0008 dan t-hitung sebesar 4.643 (taraf signifikansi 0.05, df=66, t-table sebesar 1.978). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile “Kartini Loves Speaking” sudah memenuhi kategori sangat baik dan layak digunakan untuk pembelajaran keterampilan speaking dalam mata pelajaran bahasa inggris di SMA Kabupaten Jepara.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 10 Dec 2018 08:01
    Last Modified: 10 Dec 2018 08:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42539

    Actions (login required)

    View Item