Analisis Kelompok Teman Sebaya di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Ajaran 2016/2017

ROHMIKA, ITA (2018) Analisis Kelompok Teman Sebaya di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (259Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ita Rohmika. K8411039. “ANALISIS KELOMPOK TEMAN SEBAYA DI KALANGAN SISWA SMA N 1 TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui latar belakang siswa membentuk kelompok teman sebaya. (2) Mengetahui dampak adanya kelompok teman sebaya di sekolah. (3) Melakukan analisis dengan teori Strukturasi berkaitan dengan kelompok teman sebaya di kalangan siswa sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Informan yang digunakan sebagai sumber data pada penelitian ini adalah 4 orang siswa dan 2 orang guru di SMA N 1 Tawangsari. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Ada dua faktor yang melatar belakangi siswa membentuk kelompok teman sebaya di sekolah yakni pertama kesamaan sifat; hobi; dan tujuan, kemudian yang kedua perlu mendapat perhatian dari orang lain. (2) Dampak dari adanya kelompok teman sebaya di sekolah adalah dapat mendorong siswa untuk bersikap mandiri dan menimbulkan pengucilan dalam pergaulan siswa. (3) Proses terbentuknya kelompok teman sebaya merupakan sebuah proses strukturasi. Kelompok-kelompok teman sebaya di sekolah akan diproduksi dan direproduksi terus menerus selama terdapat relasi antara siswa satu dengan siswa yang lain, dan juga antara siswa dengan guru yang mana mempengaruhi proses produksi dan reproduksi aturan tata tertib yang ada di sekolah. Dengan demikian, baik kelompok teman sebaya maupun aturan tata tertib yang dibuat oleh guru akan terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu dikarenakan perbedaan relasi yang terus terjadi. Kata Kunci : Kelompok Teman Sebaya, Strukturasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 10 Dec 2018 07:56
    Last Modified: 10 Dec 2018 07:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42536

    Actions (login required)

    View Item