Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning disertai Media Augmented Reality (ECO-AR 1-3) terhadap Penguatan Aspek Pengetahuan dalam Literasi Lingkungan

LAILA, ELLA NUR (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning disertai Media Augmented Reality (ECO-AR 1-3) terhadap Penguatan Aspek Pengetahuan dalam Literasi Lingkungan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media augmented reality (ECO AR 1-3) terhadap penguatan aspek pengetahuan dalam literasi lingkungan. Penelitian merupakan penelitian kausal komparatif atau ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Sragen sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan post only group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif menggunakan uji-t tidak berpasangan dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test pada tes pengetahuan menunjukkan nilai signifikansi < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media augmented reality (ECO-AR 1-3) berpengaruh terhadap penguatan aspek pengetahuan dalam literasi lingkungan. Kata kunci : discovery learning model, media augmented reality (ECO-AR 1-3), aspek pengetahuan, literasi lingkungan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 09 Dec 2018 22:05
    Last Modified: 09 Dec 2018 22:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42527

    Actions (login required)

    View Item