KAJIAN SPASIAL-TEMPORAL PERKEMBANGAN MANGROVE CENTER TUBAN DALAM MEMPRODUKSI RUANG UNTUK EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI KECAMATAN JENU KABUPATEN TUBAN TAHUN 2010-2017 (Untuk Mendukung Substansi Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI Pada Materi Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia)

AINURROHMAH, DIAH (2018) KAJIAN SPASIAL-TEMPORAL PERKEMBANGAN MANGROVE CENTER TUBAN DALAM MEMPRODUKSI RUANG UNTUK EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI KECAMATAN JENU KABUPATEN TUBAN TAHUN 2010-2017 (Untuk Mendukung Substansi Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI Pada Materi Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Diah Ainurrohmah. K5414015. KAJIAN SPASIAL-TEMPORAL PERKEMBANGAN MANGROVE CENTER TUBAN DALAM MEMPRODUKSI RUANG UNTUK EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI KECAMATAN JENU KABUPATEN TUBAN TAHUN 2010-2017 (Untuk Mendukung Substansi Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI Pada Materi Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perkembangan spasial-temporal Mangrove Center Tuban (2) mengetahui produksi ruang untuk ekowisata berbasis masyarakat di Kecamatan Jenu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, yang secara lebih spesifik yaitu menggunakan metode regresif-progresif yang terdiri atas 3 tahapan yaitu (1) deskriptif; (2) analytic-regresif ; (3) historical genetic. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemetaan partisipatif, observasi, wawancara semi terstruktur, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan overlay, analisis skoring, analisis SWOT, dan analisis model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian ini adalah (1) berdasarkan perkembangan spasial-temporalnya Mangrove Center Tuban terbagi menjadi 3 corak produksi ruang yaitu corak produksi yang bersifat eksploitatif yang ditandai dengan maraknya penambangan pasir penyebab abrasi dan rob, corak produksi bersifat konservatif yang ditandai dengan munculnya gagasan Ali Mansyur untuk melakukan upaya konservasi pantai, corak produksi pengembangan ekowisata yang ditandai dengan banyaknya orang yang berkunjung ke kawasan konservasi untuk berwisata; (2) produksi ruang untuk ekowisata berbasis masyarakat di Kecamatan Jenu dipengaruhi oleh triad ruang yang dikemukakan Henry Lefebvre yaitu praktik ruang (ruang dalam tataran fisik-material ruang), representasi ruang (ruang dalam tatanan mental/gagasan, serta ruang representasional (ruang sosial hasil interaksi dalam ruang) yang ketiganya memiliki hubungan saling mempengaruhi satu sama lain untuk menunjukkan ruang manakah yang lebih dominan untuk mempenaruhi ruang lainnya sebagaimana produksi ruang di Kecamatan Jenu yang lebih didominasi oleh keberadaan ruang representasional yang pada akhirnya berpengaruh pada praktik ruang. Akan tetapi, representasi ruang juga memiliki peran sentral untuk mempengaruhi kedua ruang lainnya, karena memiki kekuatan untuk mendukung maupun menghambat pengembangan ekowisata di Kecamatan Jenu yang pada peruntukannya memang untuk pengembangan kawasan industri, tapi praktik ruang masyarakat yang mendukung pengembangan ditunjukkan melalui beragam aktivitas pengelolaan obyek wisata. Kata kunci: Mangrove Center Tuban, spasial-temporal, produksi ruang, ekowisata berbasis masyarakat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 09 Dec 2018 21:49
    Last Modified: 09 Dec 2018 21:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42523

    Actions (login required)

    View Item