Pengaruh Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering) terhadap Keterampilan Laboratorium Siswa Kelas XI

Sari, Dian Permata (2018) Pengaruh Model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering) terhadap Keterampilan Laboratorium Siswa Kelas XI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (143Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dian Permata Sari. K4313028. PENGARUH MODEL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) TERHADAP KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA KELAS XI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Juli 2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering) terhadap keterampilan laboratorium siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian yang digunakan diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 44 siswa sebagai kelompok eksperimen menerapakan model pembelajaran REACT dan kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 44 siswa sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Data keterampilan laboratorium siswa diperoleh melalui tes berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 16 butir soal dengan acuan indikator keterampilan laboratorium. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan laboratorium siswa pada kelas eksperimen (57,91) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (50,14). Indeks peningkatan rata-rata keterampilan laboratorium siswa pada kelas eksperimen (0,29) lebih tinggi daripada kelas kontrol (0,13). Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,003 < 0,05, artinya ada pengaruh penerapan model REACT terhadap keterampilan laboratorium siswa kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model REACT berpengaruh positif terhadap keterampilan laboratorium siswa. Kata kunci: keterampilan laboratorium, model REACT

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 09 Dec 2018 21:49
    Last Modified: 09 Dec 2018 21:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42521

    Actions (login required)

    View Item