Analisis Efektivitas Penentuan Lokasi Dan Ketersediaan Fasilitas Halte Batik Solo Trans Di Kota Surakarta Tahun 2017 (Sebagai Bahan Pengayaan Materi pada Kompetensi Dasar 3.2 Memahami Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geospasial Kelas X SMA)

RIZKY, MUHAMMAD FAJAR (2018) Analisis Efektivitas Penentuan Lokasi Dan Ketersediaan Fasilitas Halte Batik Solo Trans Di Kota Surakarta Tahun 2017 (Sebagai Bahan Pengayaan Materi pada Kompetensi Dasar 3.2 Memahami Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geospasial Kelas X SMA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (983Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Fajar Rizky. K5413047. ANALISIS EFEKTIVITAS PENENTUAN LOKASI DAN KETERSEDIAAN FASILITAS HALTE BATIK SOLO TRANS DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2017 (Modul untuk Pembelajaran Geografi Kelas X KD 3.2 Memahami Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geospasial). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Persebaran Halte Batik Solo Trans di Kota Surakarta tahun 2017; (2) Tingkat efektivitas penentuan lokasi Halte Batik Solo Trans di Kota Surakarta tahun 2017; dan (3) ketersediaan fasilitas Halte Batik Solo Trans di Kota Surakarta tahun 2017. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh Halte Batik Solo Trans di Kota Surakarta berjumlah 127 halte. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif spasial. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data dilaksanakan dengan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan untuk mengukur persebaran Halte Batik Solo Trans menggunakan standar dari Departemen Perhubungan, efektivitas penentuan lokasi menggunakan pengukuran menurut LPKM, sedangkan ketersediaan fasilitas halte menggunakan kriteria halte berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: 271/HK.105/DRJD/96 dan Tavares, A.S., dkk. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Persebaran Halte Batik Solo Trans di Kota Surakarta tahun 2017 memiliki persebaran halte yang merata. Persebaran halte yang merata terletak di 15 rute jalan yang dilalui oleh Batik Solo Trans dan hanya halte pada 5 rute jalan yang dinyatakan tidak merata; (2) Tingkat Efektivitas penentuan lokasi Halte Batik Solo Trans di Kota Surakarta memiliki efektivitas tinggi sebesar 47.24% berjumlah 60 halte, efektivitas sedang sebesar 45.67% berjumlah 58 halte, dan efektivitas rendah sebesar 7.09% berjumlah 9 halte. (3) ketersediaan fasilitas halte batik solo trans memiliki ketersediaan tidak lengkap sebesar 74.8% berjumlah 95 halte, ketersediaan kurang lengkap sebesar 11.8% berjumlah 15 halte, dan ketersediaan lengkap sebesar 13.4% berjumlah 17 halte. Kata kunci: bus rapid transit, halte, efektivitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 09 Dec 2018 20:28
    Last Modified: 09 Dec 2018 20:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42501

    Actions (login required)

    View Item