Analisis Kerentanan Sosial Pada Masyarakat Yang Berada Di Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo Bagian Tengah (Studi Kasus Kabupaten Blora, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Madiun, dan Kota Madiun)

RAMADHAN, MAHARDHIKA GILANG (2018) Analisis Kerentanan Sosial Pada Masyarakat Yang Berada Di Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo Bagian Tengah (Studi Kasus Kabupaten Blora, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Madiun, dan Kota Madiun). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (117Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerentanan sosial, deskripsi kehidupan sosial ekonomi, dan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan untuk pembangunan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo yang meliputi Kabupaten Blora, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Madiun, dan Kota Madiun. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari instansi-instansi terkait. Metode yang digunakan adalah metode Social Vulnerability Index (SoVI). Hasil penelitian menunjukkan skor SoVi tertinggi diperoleh Kabupaten Ponorogo dengan skor 12, kemudian dibawah Kabupaen Ponorogo dengan skor 8 diperoleh Kota Madiun, Kabupaten Blora dan Kabupaetn Madiun mendapatkan skor yang hampir sama, yaitu skor 3 dan skor 4. Tingkat kelas kerentanan sosial tertinggi adalah Kabupaten Ponorogo, sedangkan Kota Madiun tingkat kerentanan sosial sedang, Kabupaten Blora dan Kabupaten Madiun sama-sama termasuk ke dalam tingkat kerentanan sosial rendah. Kata kunci : Daerah Aliran Sungai (DAS), Kerentanan, SoVI, Sosial ekonomi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 09 Dec 2018 20:15
    Last Modified: 09 Dec 2018 20:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42495

    Actions (login required)

    View Item