UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PANJER TAHUN AJARAN 2015/2016

KHOTIMAH, HUSNUL (2018) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PANJER TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (917Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Husnul Khotimah. UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PANJER TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2016. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsikan langkah penggunaan model Cooperative Script dengan media flashcard berbasis kearifan lokal, (2) meningkatkan keterampilan menulis karangan melalui model Cooperative Script dengan media flashcard berbasis kearifan lokal, (3) mengidentifikasi kendala dan solusi pada penggunaan model Cooperative Script dengan media flashcard berbasis kearifan lokal dalam peningkatan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN 2 Panjer tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model Cooperative Script dengan media flashcard berbasis kearifan lokal dilaksanakan sesuai langkah-langkah: (a) guru membagi siswa untuk berpasangan, (b) guru membagikan wacana/materi kepada masing-masing siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan, (c) guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar, (d) sesuai kesepakatan, siswa yang menjadi pembicara membacakan ringkasan atau prosedur pemecahan masalah selengkap mungkin dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasan dan pemecahan masalahnya; (e) bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya serta lakukan seperti di atas; (f) guru bersama siswa membuat kesimpulan, (2) penggunaan model Cooperative Script dengan media flashcard berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan yang dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa siklus I 83,66%, siklus II 93,18%, dan siklus III 97,73%, (3) kendala dalam penerapan model Cooperative Script dengan media flashcard berbasis kearifan lokal yaitu: (a) siswa kurang aktif dalam pembelajaran, dan (b) siswa kurang maksimal dalam menggunakan media flashcard; solusinya yaitu: (a) siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan (b) siswa lebih memaksimalkan penggunaan media flashcard. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model Cooperative Script dengan media flashcard berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN 2 Panjer tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Cooperative Script, flashcard, keterampilan menulis. ABSTRACT Husnul Khotimah. THE APPLICATION OF COOPERATIVE SCRIPT MODEL USING FLASHCARD MEDIA OF LOCAL WISDOM IN IMPROVING ESSAY WRITING SKILL FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 2 PANJER IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. May 2016. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the application of Cooperative Script using flashcard media of local wisdom, (2) to improve essay writing skill through Cooperative Script using flashcard media of local wisdom, and (3) to identify problems and solutions on the application of Cooperative Script using flashcard media of local wisdom to improve essay writing skill for the fourth grade students of SDN 2 Panjer in the academic year of 2015/2016. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Techniques of collecting data were observation, interview, test, and documentation. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Technique of analyzing data were data reduction, data display, and verification/conclusion drawing. The results of this research show that: (1) the application of Cooperative Script using flashcard media of local wisdom conducted through steps as follow, namely: (a) group division, (b) explain material, (c) divide role, (d) read the passage, (e) presentation of discussion, (f) read the passage, (g) conclude the materials, and (h) closing; (2) the application of Cooperative Script using flashcard media of local wisdom can improve essay writing skill. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 83.66%, in the second cycle 93.18%, and in the third cycle 97.73%; and (3) the problems encountered in the learning, namely: (a) students are passive during learning and (b) students do not use flashcard media well. Solutions for these problems are: (a) activate students during learning and (b) students maximize in using flashcard media. The conclusion of this research is the application of Cooperative Script using flashcard media of local wisdom can improve essay writing skill for the fourth grade students of SD Negeri 2 Panjer in the academic year of 2015/2016. Keywords: Cooperative Script, flashcard, essay writing skill

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 09 Dec 2018 19:56
    Last Modified: 09 Dec 2018 19:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42487

    Actions (login required)

    View Item