PARTISIPASI WARGA MELALUI KELOMPOK TANI GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI (Studi Pada Kelompok Tani Sido Makmur Desa Limbangan, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo)

SUMIYATI, LANCAR EKO (2018) PARTISIPASI WARGA MELALUI KELOMPOK TANI GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI (Studi Pada Kelompok Tani Sido Makmur Desa Limbangan, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (176Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lancar Eko Sumiyati. K6413039. PARTISIPASI WARGA MELALUI KELOMPOK TANI GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI (Studi Pada Kelompok Tani Sido Makmur Desa Limbangan, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2018. Tujuan penelitian ini meliputi mengetahui: 1) tingkat partisipasi petani di Desa Limbangan; dan 2) kondisi kesejahteraan petani di Desa Limbangan dan peningkatannya setelah mengikuti Kelompok Tani Sido Makmur 3) upaya Kelompok Tani Sido Makmur dalam mensejahterakan petani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan subyek penelitian petani, dan partisipasi serta kesejahteraan petani sebagai obyek penelitian. Pengumpulan data dengan metode wawancara dan metode observasi. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Partisipasi petani dalam kelompok tani sudah muncul pada keempat indikator partisipasi namun belum dapat dikatakan baik, partisipasi petani lebih dominan pada tahap pelaksanaan, sedangkan untuk mengemukakan pendapat dalam perencanaan maupun evaluasi masih kurang. 2) Kondisi kesejahteraaan juga dapat dibilang belum sejahtera, dimana masih banyak petani yang memiliki pendapatan dan pendidikan yang rendah serta memiliki pola konsumsi dan pengeluaran yang sederhana, namun kesejahteraan dalam hal kesehatan sudah cukup baik dimana petani di Desa Limbangan memiliki angka kesakitan yang rendah, namun esejahteraan petani meningkat pada aspek pendidikan, pendapatan, serta pengeluran dan pola konsumsi setelah mengikuti Kelompok Tani Sido Makmur 3) Kelompok Tani Sido Makmur terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Limbangan dan selalu berupaya melaksanakan fungsinya sebagai kelompok tani hal tersebut diwujudkan dalam program kerja yang dicanangkan oleh Kelompok Tani Sido Makmur. Kata Kunci: Partisipasi petani, Kesejahteraan petani, Upaya kelompok tani.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 09 Dec 2018 00:18
    Last Modified: 09 Dec 2018 00:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42486

    Actions (login required)

    View Item